- Back to Home »
- PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN
Posted by : Unknown
Wednesday, 12 November 2014
Laporan
Observasi mengenai Perencanaan
“Proses
Perencanaan Lembaga Pendidikan di PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo”

Disusun
:
Masrifah
(131034038)
Kelas
2013 B
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2014

Alhamdulillah,
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan
hidayah-Nya. Sholawat dan salam kepada Rasulullah Muhammad
SAW,
Tauladan sejati sampai akhir zaman sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Laporan
Observasi Manajemen Pendidikan Luar Sekolah yang Berjudul “Laporan Observasi kunjungan lapangan di PAUD Al-Falaq Darussalam” dengan
tema kunjungan lapangan sebagai wujud mahasiswa dalam mengeksplorasi pemahaman dalam
memanajemen suatu organisasi atau Lembaga Pendidikan. Penulisan tugas Laporan ini disusun untuk
memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Pada
kesempatan ini tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada :
1. Allah SWT yang telah memberikan
anugrah kesehatan dalam melakukan Observasi di PAUD Al-Falaq Darussalam sehingga
saya bisa menyelesaikan Makalah Laporan Observasi tersebut.
2. Ayah dan Ibu yang selalu memberikan motivasi
dan kasih sayang yang tidak ternilai, serta Do’a yang selalu dipanjatkan untuk
saya.
3. Bapak
Dr. Soedjarwo, M.S. selaku Dosen Mata Kuliah Manajemen
Pendidikan Luar Sekolah.
Serta
semua pihak yang turut membantu terselesaikan nya penulisan Makalah Laporan
observasi Manajemen Pendidikan Luar Sekolah dan kakak-kakak angkatan yang telah
memberi semangat dan masukan kepada kami hingga penulisan tugas Makalah ini
selesai.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa kesempurnaan hanya
milik Allah SWT dan sebagai manusia yang tidak lepas dari salah dan dosa
sehingga masih banyak kekurangan dalam
penulisan Makalah ini, hal ini dikarenakan oleh keterbatasan kemampuan
penulis. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun
demi kesempurnaan tugas Makalah ini .Semoga tulisan ini
dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu Manajemen Pendidikan Luar
Sekolah dan sumbangan ilmiah yang sebesar-besarnya bagi penulis dan pembaca.
Hormat
kami
Penulis
Daftar
Isi
Halaman………………………………………………………………………………..….i
Halaman
judul………………………………………………………………………….....ii
Kata
pengantar……………………………………………………………………………iii
Daftar
isi………………………………………………………………………………….iv
Ringkasan…………………………………………………………………..……………..v
BAB
1 PENDAHULUAN
A.
Latar belakang…………………………………………………………….………1
B.
Tujuan Observasi……………………………………………………...…….…….3
C.
Rumusan Masalah……………………………………………………..……...…...7
D.
Manfaat penulisan…………………………………………………………...…....10
BAB
II HASIL OBSERVASI
A. Proses perencanaan Strategis
i.
Misi dan misi…………………………………………………………………11
ii. Tujuan
organisasi…………………………………………………………….12
B. Jalan menuju sukses
i.
Kekuatan dan kelemahan Organisasi………………………………………...13
ii. Peluang
dan ancaman bagi Organisasi………………………………………14
C. Mutu pendidikan Al Falah Darussalam
i.
Standart yang digunakan organisasi…………………………………………15
ii. Penyampaian
mutu Organisasi………………………………………………16
D. Investasi SDM
i.
Kebijakan untuk para staff dan guru…………………………………………17
ii. Biaya
pengeluaran organisasi………………………………………………...18
E. Mengevaluasi Proses
i.Proses
Evaluasi Organisasi……………………………………………………..19
BAB
III METODE PENULISAN
A.
Prosedur pengumpulan
data……………………………………………….....20
B.
Pengolahan data……………………………………………………………...21
BAB
IV PENUTUP
A.
KESIMPULAN…………………………………………………………..….22
B.
SARAN……………………………………………………………………...23
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB
I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Universitas
Negeri Surabaya (UNESA) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki salah
satu fungsi utama untuk mendidik calon guru agar dapat menjadi tenaga
kependidikan yang professional. Calon guru yang professional dalam melaksanakan
tugas profesi kependidikan harus mampu menunjukkan keprofesionalannya yang
ditandai dengan penguasaan kompetensi baik kompetensi memanajemen pendidikan,
pedagogic maupun andragogi, profesional maupun social. Dalam rangka menyiapkan
calon guru yang professional, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan kunjungan
lapangan atau Observasi.
Observasi merupakan kegiatan yang
harus dilakukann oleh mahasiswa, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang
diperoleh dalam semester-semester sebelumnya selain itu juga agar mahasiswa
memperoleh pengalaman dan pengetahuan dalam memanajemen pendidikan. Sehingga
mahasiswa dituntut untuk menyiapkan diri dan
diharapkan mampu menjadi tenaga pembimbing, tenaga pengajar dan
pemimpin, serta tenaga kependidikan lainnya yang professional dan berguna bagi
perkembangan lembaga pendidikan tersebut.
Melalui Observasi, mahasiswa juga
benar-benar mengetahui bagaimana memanajemen suatu sekolah atau lembaga
pendidikan dalam keadaan sebenarnya dilapangan, penyusunan rangkaian
perencanaan lembaga pendidikan, serta membuat
kebijakan dan perencanaan mutu, hambatan apa saja yang dialami serta
bagaimana mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Selain itu juga mengetahui
bahwa Perencanaan Sekolah penting dilakukan untuk memberi arah dan bimbingan
para pelaku pendidikan dalam rangka menuju perubahan atau tujuan yang lebih
baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi
ketidakpastian masa depan.
B. Tujuan Observasi
Adapun tujuan laporan Observasi ini adalah untuk membentuk
mahasiswa agar menjadi calon manajer pendidikan yang professional, sesuai
dengan prinsip-prinsip manajemen pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogic,
kompetensi kepribadian maupun kompetensi professional selain itu juga, memberi
pengetahuan kepada pembaca khususnya para Mahasiswa tentang keadaan atau
kondisi dalam memanajemen suatu Organisasi atau Lembaga Pendidikan serta dapat
pengetahuan tentang bagaimana proses perencanaan dalam memanajemen pendidikan
dengan baik dan benar. Selain itu juga tujuan observasi ini untuk mengetahui
proses pembelajaran anak usia dini di Al-Falaq Darussalam yang tempatnya berada
di Siodarjo Waru. Dan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencangkup profil Paud
Al-Falah Darussalam mengenai konsep Pendidikan yang ada di Lembaga ini,
rangkaian perencanaan memanajemen lembaga pendidikan di Al-Falah Darussalam
ini. Sehingga pembaca mendapatkan gambaran keadaan kondisi
tempat observasi, dan dengan laporan ini yang menggunakan rancangan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, wawancara, dokumentasi sehingga tujuan
laporan ini juga untuk dapat mengeksplorasi pemahaman tentang perencanaan dalam
memanajemen suatu Lembaga Pendidikan dan
mendapatkan banyak ilmu-ilmu dan pengalaman yang telah di dapat dalam
observasi secara langsung di PAUD “Al-Falah Darussalam Tropodo”.
C. Rumusan Masalah
1.
Proses
Perencanaan Strategis.
a) Apa
visi, misi dan tujuan Al-Falah Darussalam Tropodo ?
b) Siapa
pelanggan kita?
c) Apa
yang diharapkan pelanggan dari kita?
d) Apa
yang harus kita lakukan untuk memenuhi harapan pelanggan?
e) Apa
yang dibutuhkan para pelajar dari Paud Al-Falah Darussalam Tropodo?
f) Metode
apa yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelajar/pelanggan?
2.
Jalan
menuju Sukses.
a) Apa
kekuatan, kelemahan yang ada pada Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo ?
b) Adakah
peluang dan ancaman bagi Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo ?
c) Factor-faktor
apa saja yang penting bagi kesuksesan Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo
?
3.
Mutu
Organisasi.
a) Apa
standar yang akan oragnisasi ini gunakan?
b) Bagaimana
Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo menyampaikan mutunya ?
c) Biaya
apa yang harus kita keluarkan untuk mutu ?
4.
Investasi
Sumber Daya Manusia
a) Apa
yang seharusnya Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo kepada para staff ?
b) Apakah
kita sudah cukup berinvestasi pada sumberdaya staff dan pengembangan staff?
5.
Mengevaluasi
Program.
a) Apakah
kita memiliki proses tertentu dalam menghadapi sesuatu yang salah?
b) Bagaimana
kita tahu bahwa kita (Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo) telah sukses?
6.
Manfaat
Penulisan
Penulisan laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi
penulis dan khususnya bagi pembaca, karena:
memberikan
kesempatan kepada penulis untuk memberikan atau membagikan ilmu pengetahuan
kepada pembaca dan penulisan ini juga sangat bermanfaat bagi penulis maupun
bagi pembaca untuk bekal agar memiliki kompetensi manajemen, kompetensi
kepribadian dala memanajemen dan pengetahuan untuk dapat memberikan gambaran
dan data-data secara langsung tentang keadaan saat observasi di lapangan
sehingga penulis sendiri dapat mempelajari dan mengkaji tentang bagaimana
memanajemen suatu lembaga secara baik dan benar melalui kunjungan lapangan
secara langsung di PAUD Al-Falah Darussalam.
Tidak
hanya bagi penulis, laporan makalah ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena
kita bisa mengetahui realita akan keadaan dan kondisi perencanaan dalam
memanajemen pendidikan disana dan dengan membaca laporan ini juga bisa mendapatkan
pengetahuan yang mungkin sebelumnya belum mengetahui dan setelah membaca ini
jadi mengetahui tentang, bagaimana cara memanajemen suatu organisasi atau
lembaga pendidikan secara baik dan benar. Sehingga lembaga pendidikan dapat
terus maju dan berkembang kearah yang lebih baik. Dan tidak hanya sekedar mengetahui dan
membandingkan kondisi proses memanajemen pendidikan dan pembelajaran disana,
akan tetapi juga kita mendapatkan informasi baru tentang ilmu merangkai perencanaan
manajemen dalam memimpin lembaga
pendidikan. yang dilakukan disana itu seperti apa dan tahu bagaimana
susahnya memanajemen lembaga pendidikan dan kendala-kendala yang dihadapinya
dan cara menangani kendala tersebut sehingga dengan adanya laporan observasi
ini kita bisa belajar banyak dari sana dan bisa mencontoh hal-hal positive yang
telah didapat dari sana dalam mengelolah atau merangkai perencanaan manajemen
suatu lembaga pendidikan .
BAB II
HASIL
PENGAMATAN
A. Proses Perencanaan Strategis.
1.
Profil
dan Kurikulum
PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo merupakan
lembaga pendidikan anak usia
dini yang dikelola di bawah naungan Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam
Tropodo (LPFDT). Lembaga Pengembang Pendidikan Al-Falah
Darussalam Tropodo dan Prosesi (LP3) merupakan pihak lembaga yang paling banyak berperan
aktif dalam pengelolaan lembaga
PAUD
Al-Falah Darussalam Tropodo.
Dan LPFDT merupakan pihak
yang
mensupervisi, memonitori, dan mengevaluasi pengelolaan serta pelaksanaan lembaga PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo.
Di dalam
pengelolaannya
PAUD
Al-Falah Darussalam Tropodo memberikan wewenang dan tanggungjawab tugas pengelolaan lembaga PAUD tersebut pada satu pengelola yang dipilih langsung oleh pihak LPFDT
.Pengelola yang dipilih oleh
LPFDT adalah salah seorang dosen dari jurusan PG PAUD.Pada saat ini, pengelola yang dipilih
oleh pihak LPFDT adalah Ibu Fatimatuz Zuhro. Pengelola PAUD Al-Falah
Darussalam Tropodo berganti setiap
satu tahun sekali. Pengelola bertugas sebagai supervisor, penasehat, dan pengamat proses pelaksanaan lembaga PAUD Al-Falah
Darussalam Tropodo , dari proses manajemen sampai pada proses pembelajarannya. Di
bawah pengelola, terdapat dua kepala sekolah yang bertanggungjawab
dalam pelaksanaan lembaga.PAUD Al Falah Darussalam terdiri dari Kelompok Bermain (KB) dan
Taman Kanak-Kanak (TK).Oleh karena itu,
terdapat dua kepala sekolah yang bertanggungjawab dalam memimpin
lembaga tersebut, yaitu kepala KB dan kepala TK.
Setiap lembaga, baik
KB maupun TK, memiliki otonomi sendiri untuk mengatur
lembaganya masing-masing walaupun antara KB dan TK terdapat dalam satu bangunan.Walaupun
seperti
itu, kedua lembaga
tersebut harus tetap menurut pada aturan
pusat LPFDT yang
telah ditetapkan. Selain itu,
kedua kepala sekolah juga harus menerima
masukan saran dan
perbaikan yang diberikan oleh pengelola lembaga. Selain
kepala sekolah, terdapat komite sekolah yang memiliki wewenang untuk ikut
serta dalam pengelolaan lembaga. Komite sekolah biasanya dipilih secara
musyawarah bersama dengan orang tua murid.
Ketua sampai dengan anggota komite sekolah biasanya dijabat oleh
orang tua murid.Komite sekolah berperan sebagai penghubung yang
menghubungkan secara langsung
antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Melalui
komite sekolah, pihak sekolah dan orang tua murid dapat merencanakan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah.Selain itu,
komite sekolah juga menjadi wakil orang tua secara langsung dalam mensupervisi pelaksanaan kegiatan maupun manajemen di
sekolah. Komite sekolah diadakan
dalam rangka mewujudkan sikap terbuka sekolah terhadap pihak orang tua
murid, sehingga apabila ada sesuatu yang kurang berkenan
bagi orang
tua murid, mereka
dapat
langsung
mengajukan keberatan
atau perbaikan langsung kepada pihak sekolah.Pada tahun ajaran baru
ini.
Dewan guru
dan staf merupakan
beberapa pihak
yang ikut
berperan aktif dalam proses kegiatan pembelajaran maupun pelaksanaan memanajemen di
lembaga PAUD Al Falah Darussalam. Dewan guru berperan aktif
dalam kegiatan pembelajaran bersama dengan anak-
anak. Dewan guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik, tetapi juga berkewajiban
untuk melatih dan mengajari anak hal-hal yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan anak di
masa depan. Di
dalam
dewan guru,
terdapat sie
kurikulum dan
sie litbang. Sie
kurikulum
berkewajiban untuk menyusun kurikulum dari program tahunan sampai dengan program harian. Selain itu,
sie kurikulum
juga berkewajiban untuk mengevaluasi program pembelajaran yang telah disusun oleh masing-masing guru.Selain sie kurikulum, terdapat sie Litbang (Penelitian dan Pengembangan).Sie litbang merupakan pihak yang berperan dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan extra maupun intra sekolah yang lebih bermanfaat dan mampu mengoptimalkan
kecerdasan
serta perkembangan anak. Selain itu, sie litbang juga bertugas
untuk mengatur
segala
aktivitas
dari luar
sekolah
yang akan
diikuti oleh
pihak sekolah. Pihak berikutnya yang ikut
berperan dalam proses pelaksanaan lembaga adalah staf sekolah, yaitu
bendahara dan Tata
Usaha yang bertugas
sebagai
pengatur keuangan
serta sebagai
administrator.
Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran di PAUD Al-Falah Darussalam
Tropodo yaitu
mengacu pada kurikulum
Nasional
Paud yang di integrasikan dengan kurikulum khas Al Falah Darussalam dengan
menggunakan model pembelajaran dalam sentra.
Melalui pengembangan kurikulum tersebut PAUD Al-Falah
Darussalam Tropodo dapat mengembangkan
seluruh aspek perkembangan
anak seperti moral agama
dan antara lain nya yaitu pembiasaan perilaku Al Islam, Al Qur’an, kognitif, bahasa, motorik dan sosial emosional
yang disesuaikan
dengan usia dan karakteristik setiap anak. Dan walaupun
PAUD Al-Falah
Darussalam Tropodo bukan merupakan bilingual school namun dalam pembelajaran tetap menggunakan 3 bahasa dengan bahasa indonesia sebagai bahasa utama, bahasa inggris dan bahasa Arab.
PAUD Al
Falah Darussalam yang terdiri dari dua lembaga, yaitu Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki cara pembagian kelas yang agak berbeda. KB menerapkan sistem sentra dalam proses pembelajarannya, sedangkan TK menerapkan sistem area. KB dibagi menjadi 6 kelas dengan rata-rata setiap
kelasnya terdapat 26 anak. Setiap anak di KB hanya masuk selama 5 hari setiap minggunya.
Setiap minggunya, sekolah
membuka 3-5 sentra yang dapat diikuti oleh anak. Di setiap sentra, anak akan didampingi oleh seorang guru. Struktur organisasi kelas di KB belum terlalu disusun secara rinci karena faktor usia anak yang masih sangat dini, sehingga hanya ada guru yang ikut berperan langsung dalam mengelola kelas. Sedangkan proses administrasi kelas
di KB secara keseluruhan diatur oleh guru sentra. Penataan ruang, perencanaan dan
penyusunan materi pembelajaran, pengaturan anak di kelas, serta perencanaan
media maupun perlengkapan
yang dibutuhkan oleh anak diatur dan dilengkapi secara langsung oleh
manajer SDM, manajer Humas, manajer RND dan peran guru-guru.
Dan TK Al
Falah Darussalam terdiri dari 5 kelas, dengan pembagian 2 kelas yaitu, TK A sedangkan 3 kelas lainnya
adalah TK B. Dalam satu kelas, rata-rata
jumlah siswanya
adalah 26 anak. Setiap kelas memiliki satu wali kelas yang berperan aktif dalam
mengatur murid walinya.Sistem
pembelajaran
yang moving area membuat anak tidak tinggal hanya pada satu kelas atau pada kelasnya sendiri.
setiap
harinya, anak-anak akan berpindah kelas untuk mendapatkan
pembelajaran
di salah satu area yang telah
ditetapkan.
Tidak berbeda dengan di KB, karena keterbatasan usia, maka anak-anak di
TK tidak dapat ikut andil secara langsung dalam proses organisasi kelas. Anak-anak hanya berperan aktif sebagai siswa yang akan didampingi
oleh guru kelas. Wali murid sebagai
guru kelas yang bertanggungjawab
dalam proses pengelolaan
dan pelaksanaan
organisasi kelas, berkewajiban
untuk mengatur kelasnya sehingga menjadi lebih teratur dan terkondisikan secara baik.
Segala macam proses
administrasi ditangani langsung oleh manajer keuangan. sedangkan perencanaan kegiatan harian, portofolio
anak, evaluasi, dan absen anak diatur secara langsung oleh wali kelas.
Sehingga wali kelas memiliki tanggungjawab besar untuk dapat mengatur kelasnya dengan baik.
2.
Visi
dan Misi dan Tujuan Paud Al-Falah Darussalam Tropodo.
a.
Visi
Lembaga pendidikan yang seluruh aspek
kegiatannya berlandaskan pada nilai-nilai Al Qur’an dan As-Sunnah, yang
tercermin dalam Akhlakul Karimah. Dengan menjadikan siswa-siswi yang
berakhlakul karimah, mandiri dan berketerampilan optimal mengacu pada Al Qur’an
dan Hadist.
b.
Misi
1. Membiasakan
bersikap dan berperilaku secara Islami
2. Memberikan
wadah untuk mengoptimalkan bakat dan minat siswa
3. Mengantarkan
siswa untuk siap mengikuti ke jenjang selanjutnya.
c.
Tujuan
pendidikan
Membantu
orang tua dalam mendidik putra putri mereka untuk : Menjadi anak yang
sholeh-sholihah, dengan ciri: beraqidah yang mantab, berakhlakul karimah,
berilmu pengetahuan yang luas, berketerampilan yang canggih, peduli terhadap
agama, bangsa dan lingkungan sekitanya serta siap hidup menatap zamannya dengan
ridho Allah SWT.
Ø
Menumbuh kembangkan Fungsi
o
Menjadikan anak didik menjadi
pemimpin , pengelola, dan pengatur (Khilafah) di bumi (QS. Al-Baqarah:30)
o
Siswa didik untuk bisa
memperhatikan, mengamati, menganalisa, memanfaatkan, dan melestarikan alam
semesta.
o
Siswa didik untuk berkemampuan
intelektual, berketrampilan, dan mempunyai kepedulian social yang tinggi.
o
Dari ketiga hal tersebut diatas
siswa diharapkan menjadi manusia yang berderajat tinggi dihadapan Allah dan
manusia dan menjadi insan kamil
ü Membentuk
kebiasaan baik dan islami kepada anak
ü Mengembangkan
komunikasi
ü Mengembangkan
aspek emosi atau kepribadian
ü Mengembangkan
aspek fisik dan motoric
ü Mengembangkan
aspek social Dan Mengembangkan aspek kognisi
Peserta Didik Pada tahun ajaran 2013/2014 jumlah peserta
didik di PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo sudah cukup banyak yaitu 156. Yang
terdiri dari:
Kelompok Bermain ( Play
Group) dan Taman Kanak-kanak (TK)
kelompok
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
JUMLAH
|
A1
|
12
|
14
|
26
|
A2
|
10
|
16
|
26
|
A3
|
13
|
12
|
25
|
KELOMPOK
|
LAKU-LAKI
|
PEREMPUAN
|
JUMLAH
|
B1
|
14
|
13
|
27
|
B2
|
12
|
14
|
26
|
B3
|
15
|
11
|
26
|
Dan tenaga pendidik berpengalaman dengan memiliki akhlaq
& keislaman yang baik. Berkualitas pendidikan lulusan minimal S 1 dan
berdedikasi serta inovasi tinggi. Dengan guru-guru yang berjumlah 18 guru Paud.
ü Analisis Mengenai struktur
Organisasi, administrasi dan Kurikulum di Al-Falaq Darussalam
Menurut pengamatan yang telah saya lakukan,
saya menganalisis bahwa organisasi Al Falah Darussalam ini sudah sangat
terstruktur secara baik, kenapa demikian?, karena saya melihat
pembagian-pembagian tugasnya sudah terencana dan terstruktur sehingga dalam
melakukan tugas pengelolaan, yakni seorang manajer atau pemimpin mengutamakan
tugas-tugas pokoknya. Tugas-tugas yang bersifat operatif hendaknya dilimpahkan
pada orang lain secara proporsional. Manakala seorang manajer telah melimpahkan
tugas kepada orang lain, tanggung jawab tetap ada pada pimpinan. Dan dengan
dibentuknya struktur organisasi itu akan mempermudah pimpinan dalam melakukan
pembagian tugas-tugas kepada anggotanya.
Dan pengamatan saya, mengenai kurikulum yang
ada di PAUD Al-Falah Darussalam tersebut sudah cukup baik, karena selain
menggunakan kurikulum Nasional PAUD juga di integrasikan atau mix dengan
kurikulum yang di buat oleh Lembaga Al-Falaq Darussalam itu sendiri, dengan
menggunakan pengembangan sentra. Melalui integrasi atau kolaborasi dari
kurikulum Nasional PAUD dengan kurikulum dari Al-Falah Darussalam itu sendiri
sehingga dapat mengembangkan
seluruh aspek perkembangan
anak seperti moral agama
antara lain nya yaitu pembiasaan perilaku Al Islam, Al Qur’an, kognitif, bahasa, motorik dan sosial emosional
yang disesuaikan
dengan usia dan karakteristik setiap anak. Jadi PAUD
Al-Falaq Darussalam ini tidak hanya mengacu pada 1 kurikulum Nasional Paud akan
tetapi lembaga ini juga merancang kurikulum tersendiri yang dimana kurikulum
itu dapat membantu mempermudah mendidik anak-anak usia dini.
Dan menurut analisa yang saya tangkap dari
observasi tersebut, bahwa Lembaga Paud disini pembelajarannya lebih pada
pendidikan karakter bagi anak usia dini, dimana pembelajaran dan materi yang di
utamakan yaitu materi pembelajaran moral, agama dan perilaku yang berbasis
islami bagi peserta didik, jadi saya dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran
disini lebih mengarah pada pendidikan karakternya.
3.
Kebutuhan Pelajar.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam merupakan lembaga
pendidikan bagi anak usia dini, dimana pelanggan dari lembaga ini yaitu orang
tua dari peserta didik. Didalam lembaga Paud Al Falah Darussalam ini berusaha
membantu para pelanggan (orang tua murid) dalam mewujudkan impiannya, agar
anak-anak mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah yang berlandaskan pada
Al Qur’an dan As’Sunnah.
a)
Harapan Pelanggan (Orang Tua Murid).
Banyak harapan-harapan para orang tua murid pada Lembaga
Paud disini, yaitu salah satu harapan orang tua murid yang telah memberikan
kepercayaan pada lembaga ini dengan menyekolahkan anak-anak mereka disini,
salah satu harapan para orang tua murid yaitu, para orang tua murid berharap
agar anak-anak mereka menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah yang
berlandaskan pada Al Qur’an dan As’Sunnah dan dapat membentuk kebiasaan baik
dan islami sehingga mempunyai akhlak yang baik, selain itu juga para orang tua
murid berharap anak-anak mereka dapat mengembangkan komunikasi, aspek emosi
atau kepribadian dengan baik dan mempunyai prestasi dalam akademik.
b)
Strategi yang Lembaga ini lakukan agar harapan pelanggan
(Para Orang Tua Murid ) tercapai.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam disini mempunyai
beberapa strategi-strategi yang telah dirancang oleh manajer SDM yang telah
Lembaga ini sediakan sehingga adanya strategi ini dapat mewujudkan harapan dari
para pelanggan (Orang Tua Murid), yaitu Lembaga Paud disini menyediakan layanan
khusus bagi orang tua murid, seperti dari pihak kepala sekolah maupun pihak
guru-guru disini mereka saling berkomunikasi secara intens dengan para orang tua
murid.
Dimana orang tua murid bisa menanyakan sudah seberapa
jauh perkembangan pembelajaran anak-anak mereka selama di sekolah dan lain
sebagainya, lalu para guru-guru pun juga menanyakan pada orang tua murid
mengenai bagaimana perkembangan peserta didiknya setelah mengikuti proses
pembelajaran, apakah peserta didiknya sudah bisa mengimplementasikan di rumah,
mengenai apa yang telah diajarkan di sekolah, sehingga dengan adanya hubungan
komunikasi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi orang tua murid dalam
mendidik anak-anak mereka selama dirumah, selain itu juga selalu medapatkan
info mengenai perkembangan belajar anaknya selama disekolah. begitupun bagi
para guru-guru , merekapun akan mengalami kemudahan dengan adanya komunikasi
tersebut. Guru-guru bisa mengetahui dan mengukur apakah materi-materi
pembelajaran yang disampaikan pada peserta didik itu berhasil atau kah tidak
dan guru-guru pun bisa mengukur kemampuannya dalam mendidik peserta didiknya
sehingga guru-gurupun dapat melakukan evaluasi diri mengenai pembelajaran yang
sudah berhasil maupun belum berhasil dengan mendapatkan informasi dari orang
tua murid. Sehingga setelah melakukan evaluasi pembelajaran guru-gurupun bisa
memperbaiki cara mengajar mereka untuk lebih baik lagi.
Selain itu juga guru-guru di Lembaga Al Falah Darussalam
ini, mereka diwajibkan untuk selalu up to date mengenai perkembangan dari luar,
seperti guru-guru disini selalu mencari informasi atau perkembangan mengenai
cara pembelajaran yang baik dan dapat mudah dipahami oleh murid, jadi intinya
mereka harus bisa menggunakan teknologi computer dengan baik agar mereka
mendapatkan wawasan pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai cara-cara
pembelajaran. Sehingga mereka akan berusaha membuat inovasi-inovasi baru
mengenai cara mengajar yang lebih baik lagi untuk keberhasilan dalam menyampaikan
materi yang diajarkannya.
Dan tidak hanya itu saja, Lembaga Paud Al Falah
Darussalam ini juga menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas pembelajaran dalam
rangka mendukung proses pembelajaran di Lembaga ini. Dengan adanya banyak
fasilitas yang disediakan diharapkan akan mempermudah guru-guru dalam melakukan
proses mengajar dan pembelajaran. Dan Berikut ini fasilitas-fasilitas yang
diberikan :
Ø Fasilitas PG-TK.
1.
Fasilitas
umum
·
Ruang ber-AC dengan beragam fasilitas
untuk menunjang pembelajaran siswa dan bersifat rekreatif
·
Halaman sekolah yang menarik
·
Masjid representative
·
Hall multiguna
·
Ruang makan yang nyaman
·
Klinik kesehatan dengan dokter
bersertifikat
·
Staff keamanan dengan layanan 24 jam dan
Layanan antar jemput
2.
Teknologi
Informasi & Learning Resecourse Center
Ø Laboratorium
computer dengan akses internet
Ø Pusat
sumber belajar dengan laptop & LCD, Video, CD dan permainan edukatif
Ø Perpustakaan
terdiri dari 12.000 macam koleksi buku, majalah dan media cetak.
Ø Taman
flora faunan mini dan Majalah sekolah
3.
Kesenian,
Olaraga dan rekreasi
·
Ruangan dan fasilitas music di lengkapi
dengan alat music seperti angklung, keyboards rebana dll.
·
Tempat bermain outdoor dan indoor dan Kolam
renang (tempat untuk bermain air)
c)
Metode dalam mengidentifikasi kebutuhan
pelajar.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini setiap 3 bulan sekali mengadakan rapat dengan
semua pihak pengurus lembaga, dan didalam rapat tersebut selalu membahas
mengenai kebutuhan peserta didik yang saat ini dibutuhkan itu apa saja, dan
semua guru-guru selalu mengamati dan menilai perkembangan belajar siswa selama
disekolah mengenai kebutuhan-kebutuhan belajar apa saja yang saat ini
dibutuhkan oleh peserta didik itu. Dan tidak hanya rapat antar lembaga saja,
akan tetapi juga para gurupun juga mengadakan rapat dengan para orang tua murid
untuk mengetahui kebutuhan belajar apa yang masih kurang dalam diri peserta
didik, agar pihak guru disini bisa memberikan tambahan pembelajaran yang
dibutuhkan oleh peserta didik.
Peserta
didik mempunyai waktu luang yang panjang di rumah bersama orang tuanya sehingga
orang tua murid pasti lebih mengetahui dan dapat mengukur sudah seberapa jauh
kah, perkembangan belajar anak-anaknya dan sudah sampai tingkat mana kah anak-anaknya
mengimplementasikan hasil belajarnya disekolah. Dikarenakan orang tua yang
paling memahami kondisi sang anak tersebut jadi informasi mengenai hal itu
sangatlah memberikan kemudahan bagi guru dalam mengidentifikasi kebutuhan
belajar peserta didiknya.
ü Analisis mengenai komponen Kebutuhan Belajar.
Dari
pengamatan yang telah saya lakukan bahwa, di Paud Al-Falaq Darussalam ini
banyak fasilitas yang telah diberikan oleh lembaga kepada peserta didiknya, dan
menurut analisis saya itu merupakan salah satu
bentuk kelebihan dari lembaga ini, dengan cara mereka menyediakan
berbagai fasilitas dalam pembelajaran itu akan menarik minat para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di
tempat yang terlihat berkualitas dan nyaman untuk belajar dan di lihat dari
sarana prasarananya yang telah disediakan itu merupakan tambahan point untuk lembaga ini, dengan
banyaknya fasilitas yang ada itu juga akan meningkatkan kualitas proses
belajar-mengajar didalam lembaga Paud Al-Falaq Darussalam ini.
Contohnya
saja di Paud Al-Falah Darussalam ini disediakan Laboratorium
computer dengan akses internet, dengan disediakannya Laboratorium itu akan
sangat membantu dalam melakukan proses belajar dan pembelajaran. Walaupun
peserta didiknya masih anak usia dini tapi mereka sudah diajarkan dan diperkenalkan tentang teknologi dan itu menurut saya, pembelajaran yang
cukup bagus. Kenapa? Karena itu akan memberikan keuntungan bagi peserta didik,
jika mereka sudah lulus dan melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi
(Sekolah Dasar atau “SD”), maka itu akan menjadi bekal ilmu mereka selama
menempuh pendidikan dasar. peserta didik tidak akan mengalami buta teknologi
atau mengalami kesusahan dalam mnegoperasikan computer lagi karena sejak usia
dini mereka sudah diperkenalkan tentang teknologi.
Dan
metode dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar yang dilakukan lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini, menurut
saya cukup kooperatif, karena mereka mengidentifikasi kebutuhan belajar dengan
melibatkan orang tua murid, jadi antara guru-guru dan para orang tua murid
saling berkomunikasi dan bekerja sama dalam mewujudkan keberhasilan dalam
mendidik anak-anaknya. Dengan menjalin hubungan kerjasama yang baik dan saling
bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya, maka akan lebih mudah kita
dalam mewujudkan harapan-harapan orang tua murid maupun harapan guru-guru agar
anak didiknya dapat berkembang lebih baik, sesuai dengan harapan para orang tua
murid. Dan menurut saya prinsip memanajemen lembaga ini bisa di bilang bagus,
kenapa? Karena dalam memanajemen suatu organisasi perlu adanya prinsip
kerjasama, yakni seorang pimpinan hendaknya dapat membangun kerjasama yang baik
secara vertical maupun secara horizontal dan lembaga Paud disini sudah bisa
melakukan prinsip kerjasama itu dengan baik, dengan cara mereka melakukan
hubungan baik dengan anggota yang ada didalam lembaga tersebut dan para pelanggan
(orang tua murid).
B. Jalan Menuju Sukses.
a.)
Kekuatan
(Kelebihan) yang ada dalam Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Kelebihan
yang ada pada Lembaga ini yaitu, banyaknya kepercayaan yang diberikan
masyarakat pada lembaga ini. Setiap tahun lembaga ini mengadakan evaluasi
program mengenai tingkat keberhasilan dalam lembaga ini. Disetiap tahunnya
banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya disini, dan bisa diartikan
bahwa setiap tahunnya peserta didik baru selalu meningkat jumlahnya, dan belum
pernah mengalami penurunan. Selain itu perbedaan Lembaga Paud disini dengan
Lembaga-lembaga Paud yang lainnya yaitu, pembelajaran mengenai akhlak dan
agamanya lebih lama, maksudnya jam belajarnya lebih banyak digunakan untuk
program baca Al Qur’an, dan lebih pada pendidikan karakter dari peserta
didiknya, sehingga hal itu yang menjadikan banyak orang tua murid yang
memberikan kepercayaan kepada lembaga Paud disini dengan menyekolahkan
anak-anaknya di lembaga ini. Selain itu juga Tim Manajemen yang antusias, moral
staff yang baik, adanya dukungan pimpinan institusi dan sebuah rekruitmen yang
kuat.
b.)
Kelemahan
yang ada dalam Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Tidak
banyak kelemahan yang lembaga ini alamai, hanya saja ada satu kelemahan yang
ada dalam lembaga ini yaitu, lingkungan belajar yang kurang inklusif. Dilembaga
Paud ini memang tempat atau lingkungan sekolahnya berada ditengah-tengah
perumahan jadi terkadang ada tetangga yang merasa kurang nyaman dikarenakan
mereka merasa terusik dengan adanya suara-suara anak-anak kecil atau merasa
sedikit terganggu dengan suara anak-anak didik tersebut.
c.)
Peluang
Bagi Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Bagi
lembaga Paud ini, masih banyak peluang-peluang untuk bisa lebih maju dalam
mengembangkan dan menyukseskan lembaga Paud ini, dikarenakan lembaga ini
mempunyai berbagai program perencanaan dalam meningkatkan dan mengembangkan
pendidikan, dan program-program itu telah terstruktur dan terencana dengan baik. Karena disini ada beberapa
manajer , contohnya seperti manajer Humas, manajer SDM, manajer keuangan dan
manajer RND, dan mereka semuanya melakukan pekerjaanya secara all out, dimana
organisasi ini berada dalam naungan
LPFDT. jadi didalam organisasi ini sangat menjunjung tinggi keprofesionalitasan
dalam bekerja. Sehingga lembaga sangat yakin dan percaya diri bahwa Lembaga
Paud ini kedepannya akan meningkat lebih baik lagi. Dan akan terus axis didalam
dunia pendidikan.
Dan
tidak hanya itu, lembaga Paud Al Falah Darussalam ini juga menjalin
hubungan-hubungan dengan berbagai organisasi atau menjalin jaringan dan
perluasan jenjang dalam melakukan kerjasama dengan instansi-instansi lain ,
salah satunya partner dalam lembaga ini yaitu Bank Syariah Mandiri, YDS, AMECC
( instansi dari America), TOPSII dan University Cambrich. Lembaga ini menjalin
jaringan dengan banyak instansi, dikarenakan dalam lembaga pendidikan Al Falah
disini, tidak hanya PAUD dan TK saja melainkan adanya Sekolah Dasar (SD). Jadi
antara Paud dan SD tempatnya jadi satu di dalam lembaga Al Falah Darussalam.
Kalau SD sudah bertaraf Internasional sedangkan Paud nya masih standart
Nasional. Dan adanya peluang untuk mengembangkan keahlian para staff untuk
meningkatkan daya tawar dan instansi yang sudah melakukan penggabungan dapat
menarik penyandang dana baru.
Ø Ancaman bagi Lembaga Paud Al Falah
Darussalam.
Bagi
lembaga Paud Al Falah Darussalam ini merasa mempunyai ancaman dalam bersaing
dengan lembaga-lembaga lainya, apalagi nanti di tahun 2015, Indonesia akan
memasuki pasar bebas ASEAN atau adanya
AFTA, dimana dengan adanya pasar bebas dan perjanjian AFTA itu, pasti banyak
orang-orang luar yang akan bekerja sama di Indonesia ini, dan akan mulai banyak
pengusaha-pengusaha yang akan berbisnis dalam dunia pendidikan dengan
mendirikan sekolah-sekolah baru di Indonesia ini, yang dimana sekolah-sekolah
itu akan bertaraf sekolah internasional dan itu merupakan amcaman bagi lembaga
ini.
Akan
tetapi lembaga ini tidak pesimis dengan ancaman dari luar tersebut, dikarenakan
lembaga ini, jauh hari mulai mempersiapkan strategi-strategi yang akan digunakan dalam meningkatkan daya saing
dengan sekolah-sekolah lain.
C. Mutu Lembaga Paud Al Falah
Darussalam.
a)
Standart
Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini sudah menyandang predikat terakreditasi A. Dan
lembaga ini menggunakan kurikulum Nasional yang di integrasikan dengan
kurikulum dari Al Falah Darussalam itu sendiri. Dan juga kurikulum dalam
lembaga ini lebih mengutamakan pada pendidikan karakter dan moral bagi peserta
didiknya.
b)
Strategi
Lembaga Paud Al Falah Darussalam dalam penyampaian mutu pendidikan.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini melakukan hubungan kerja sama yang baik dengan
para orang tua murid dengan melakukan komunikasi secara intens, sehingga pihak
lembaga atau guru-guru bisa menyampaikan mutu pendidikanya dengan cara orang
tua dapat melihat sendiri sikap perilaku anaknya di rumah dan para orang tua
pasti akan memahami dan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada anaknya
selama anaknya mengikuti proses pendidikan di sekolah. Contohnya seperti anak
yang sebelum sekolah di Paud Al Falah Darussalam ini belum bisa berprilaku dan berkomunikasi
secara sopan dan baik, dengan mengikuti proses pembelajaran disini anak
tersebut mengalami perubahan secara signifikan, yang awalnya belum bisa
berprilaku dan berkomunikasi secara baik anak akan mengalami perubahan dalam
berprilaku dan cara berkomunikasi di lingkungan rumah. Dan itu akan dinilai
oleh orang tua murid, secara tidak langsung mutu itu akan tersampaikannya
dengan sendirinya karena orang tua murid pasti akan menilai setiap perubahan
yang ada pada diri sang anak tersebut selama sang anak itu mengikuti
pembelajaran di sekolah.
Dan
tidak hanya itu, mutu lembaga paud ini juga bisa dilihat melalui sikap
guru-guru terhadap wali muridnya. Dimana seorang guru yang mempunyai sikap yang
baik dan sopan santun yang tercermin didalam masyarakat itu, pasti akan dinilai
oleh masyarakat maupun orang tua murid. Sehingga sikap dari guru-guru terhadap
orang tua murid sangat mempengaruhi dalam proses melakukan penyampaian mutu
pendidikan Lembaga Paud ini.
Banyak
orang tua yang beranggapan, jika
gurunya mempunyai sikap dan akhlak yang
baik dan sayang terhadap anak-anak kecil maka guru-guru itu akan mudah
dipercaya oleh masyarakat dalam mendidik anak-anaknya, atau bisa diartikan
bahwa orang tua murid akan memberikan kepercayaan pada lembaga Paud ini ,
dengan menyekolahkan anak-anak mereka ditempat ini.
Dan
banyaknya keberhasilan yang telah diraih oleh Lembaga Paud ini dalam mendidik
peserta didik dengan melihat banyaknya prestasi-prestasi yang telah di dapatkan
atau diraih oleh peserta didik disini.
Dan di Lembaga Paud ini juga sering kali, peserta didiknya di ikutkan
lomba-lomba, contohnya lomba menggambar, lomba menyanyi, membaca Al Quran dll.
Dan lembaga ini banyak sekali memenangkan perlombaan sehingga orang tua murid
atau masyarakat bisa melihat mutu yang telah terlihat pada lembaga ini, dan
dengan melihat dan mengamati bahwa banyak anak-anak didik yang dapat
berprestasi dengan baik disini, maka itu akan meningkatkan rasa kepercayaan
pelanggan (Orang Tua Murid) pada Lembaga Paud disini.
c)
Biaya
yang dikeluarkan dalam penyampaian mutu pendidikan.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam, sudah mempunyai manajer keuangan, manajer SDM, dan
manajar humas, yang telah merancang sedemikian rupa keperluan-keperluan yang
menyangkut suksesnya lembaga ini (rencana strategis). Seorang manajer disini
telah menyiapkan banyak strategi-strategi khusus, contohnya adanya strategi
jangka panjang, yang menyangkut perluasan jaringan, perluasan jenjang, bekerja
sama dengan instansi lain dan kalau strategis jangka pendek, menyangkut tentang
pembelajaran atau proses belajar-mengajar.
selain
itu lembaga Paud ini dalam menyampaikan mutu-mutunya dengan berhubungan baik
dengan masyarakat sekitar atau dengan memberikan informasi pada masyarakat
melalui penyebaran brosur, pam flet, Spanduk dan lain-lain. dan lembaga ini
juga mempunyai Web . Akan tetapi web Paud menjadi satu dengan sekolah Dasar
(SD) karena antara Paud, TK dan SD itu merupakan satu Lembaga Pendidikan yang
dibawah naungan LPFDT. Dan bagi siswa
yang rumahnya didaerah sini atau di perumahan ini maka lembaga Paud ini akan
memberikan potongan biaya pendidikan.
Lembaga
Paud disini juga memberikan beberapa fasilitas untuk para guru, yang dimana
tujuannya untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengajar sehingga mutu dari
lembaga ini akan terus berkembang dan menjadi lebih baik di dunia pendidikan
dan masyarakat, contohnya seperti guru-guru disini setiap 3 bulan sekali di
ikut sertakan dalam seminar nasional, di ikut sertakan dalam kegiatan
pelatihan-pelatihan yang dampaknya mereka akan menjadi lebih baik dan lebih
inovasi lagi dalam mengajar peserta didik.
ü Analisis mengenai mutu Lembaga Paud
Al Falah Darussalam
Melihat
strategi-strategi yang telah dibuat oleh lembaga Paud Al Falah Darussalam ini,
menurut analisis saya cukup baik, karena menurut saya lembaga ini sudah
menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan, dimana mereka telah
mengimplementasiakan prinsip pengelolahan, yakni seorang pemimpin melakukan
pengelolaan sumber-sumber daya yang ada. Dan itu bisa dilihat dari cara-cara
yang telah di rencanakan oleh lembaga ini. Mereka menyusun strategis rencana
dengan baik.
Lembaga
Paud disini rela mengeluarkan banyak biaya untuk memajukan lembaga pendidikan
ini dengan menyediakan beberapa manajer yang akan menangani secara khusus
mengenai perkembangan dan kemajuan untuk lembaga ini, dan juga lembaga paud
disini berani menjalin hubungan internasional dengan berbagai instansi dan
menjalin net working dengan lembaga-lembaga lain. dan dari analisis yang saya
lakukan dapat disimpulkan bahwa lembaga ini dapat memenajerial suatu lembaga
dengan baik dan mereka telah mengeluarkan banyak biaya demi kemajuan mutu lembaga
pendidikan anak usia dini disini.
D. Investasi Sumber Daya Manusia.
a.
Kebijakan-kebijakan
Lembaga Paud Al Falah Darussalam untuk mewujudkan tujuan Lembaga ini.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam mempunyai beberapa kebijakan-kebijakan yang diberikan
pada staff dan guru-guru disini dalam rangka untuk mewujudkan tujuan dari
lembaga ini. Ada beberapa kebijakan yang kami (Lembaga) ini, berikan yaitu
lembaga ini memberikan gaji yang memadai, instensif, memberikan asuransi, jam
sostek, asuransi kesehatan atau layanan kesehatan, memberikan hari libur dan
memberikan cuti pada para guru-guru dan guru-guru disini setiap 3 bulan sekali
selalu diikut sertakan dalam seminar nasional, kegiatan pelatihan pembelajaran
dan biaya kegiatan itu ditanggung oleh Lembaga Paud.
Dan
lembaga Paud Al Falah Darussalam ini setiap satu tahun sekali menyelenggarakan
program tahunan yaitu adanya pemberian Reward pada staff dan guru-guru disini.
Jadi setiap tahun sekali ada pemilihan guru berprestasi, guru terdisiplin, guru
terkreatif dan guru yang berprestasi diluar. Dan lembaga kami menilai guru-guru
dengan melihat kesehariannya di sekolah, dalam arti melihat keaktifan para
guru-guru dengan mengamati, apakah guru-guru itu mempunyai rasa partisipasi
yang tinggi terhadap lembaga contohnya setiap kali ada kegiatan dilembaga guru
itu selalu ikut berperan aktif dalam sekolah, dan lembaga kami juga melihat
keaktifan para guru diluar sekolah, contohnya ada guru-guru yang aktif
mengikuti perlombaan atau seminar sehingga mereka aktif diluaran sekolah, dengan
prestasi-prestasi yang didapat guru-guru, itu akan membawa nama baik lembaga
Paud disini.
Dan
untuk guru yang melalukan pelanggaran akan diberikan punishmen, akan tetapi
punishmen itu tidak langsung diberikan pada guru tersebut, lembaga ini
memberikan kebijakan kebijakan untuk guru yang telah melanggar peraturan dengan
cara yang pertama diberikannya peringatan secara lisan, ditanya oleh pimpinan,
kenapa bisa melanggar peraturan, sehingga pihak lembaga atau pimpinan lembaga
mengetahu alasannya tersebut, dan jika alasannya masuk akal maka akan diberi
kelonggaran, akan tetapi jika terbukti telah melakukan pelanggaran maka akan
mendapatkan surat peringatan (SP) tertulis, dan jika staff atau para guru telah
mendapatkan SP sebanyak 3 kali maka mereka akan diberhentikan dari pekerjaanya.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini, sudah melakukan banyak hal mengenai berinvestasi
pada sumber daya staff dan pengembangan staff dalam rangka untuk tercapainya
tujuan dari lembaga Paud disini. Lembaga kami sudah mengeluarkan berbagai
kebijakan-kebijakan yang dilakukan pada staff dan para guru-guru disini, dan
harapan lembaga ini dengan diberikannya berbagai fasilitas atau kebijakan untuk
para guru-guru disiini, lembaga ini yakin bahwa para staff dan guru-guru akan
dapat bertanggung jawab dengan pekerjaannya sehingga mereka dapat bekerja
secara all out dan tetap menjaga keprofesionalitasan dalam bekerja, agar tujuan
dari lembaga ini dapat terwujud dengan baik.
ü Analisis mengenai Investasi SDM.
Menurut
analisa yang saya tangkap dari wawancara observasi tersebut, bahwa lembaga Paud
Al Falah Darussalam ini memang telah menyediakan berbagai kebijakan-kebijakan
yang telah dibuat untuk para staff dan guru-guru disini,, dan menurut analisa
saya bahwa kebijakan yang telah dibuat itu memang suatu strategi yang dilakukan
pimpinan lembaga untuk mendorong anggotanya (staff & guru-guru) untuk dapat
bertanggung jawab dengan apa yang telah diamanatkan pada mereka sehingga dengan
adanya kebijakan-kebijakan yang seperti itu, akan membantu lembaga ini untuk
mempermudah meraih kesuksesan didalam dunia pendidikan.
Dan
adanya peraturan-peraturan yang tegas pula itu akan mendorong para staff dan
guru-guru untuk dapat disiplin dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga mereka
bekerja tidak hanya asal dalam melakukan pekerjaan tetapi diiringi dengan rasa
tanggung jawab penuh. Dan itu merupakan suatu prinsip pengelolaan manajemen
sekolah yang baik. Dimana dalam kepemimpinan seorang pemimpin yang baik akan
bereffek pula pada anggotanya.
E. Mengevaluasi Proses.
Lembaga
Paud Al Falah Darussalam ini setiap 6 bulan sekali mengadakan evaluasi program
pembelajaran contohnya seperti, apakah pembelajaran yang dilakukan itu akan
mendapatkan effek yang positive atau kah akan berdampak negative pada peserta
didik, mengadakan penilaian antar guru sejawat, yang dimana itu akan dapat
mengukur kemampuan mengajar dan agar dapat terus meningkatkan kualitas dalam
mengajar dan dapat membuat berbagai suatu inovasi-inovasi baru dalam
pembelajaran untuk peserta didik. . Dan
setiap 1 tahun sekali juga mengadakan evaluasi program perencanaan strategis. Semua
evaluasi-evaluasi yang dilakukan itu dengan tujuan untuk mengetahui apa saja
sesuatu yang salah atau kurang tepat dalam melakukan proses kegiatan-kegiatan
dalam organisasi atau lembaga, maksudnya, seperti mengevaluasi cara
kepemimpinan lembaga, mengevaluasi berbagai program-program yang telah
dibuatnya, mengevaluasi program yang telah berjalan dan melihat dampak yang
telah terjadi dengan adanya program atau kebijakan-kebijakan yang dibuat, dan
mengevaluasi program yang masih akan berjalan, dengan menganalisa dampak apa
yang akan terjadi atau perubahan apa yang akan terjadi setelah diadakannya
program itu. Jika suatu program yang telah dibuatnya sangat berdampak positif
bagi peserta didik dan para staff & guru maka progam itu akan terus
berjalan, sedangkan apabila suatu program yang dilakukan menimbulkan
dampak-dampak yang kurang baik atau dampak negative maka program tersebut akan
digantikan atau diperbaiki dengan membuat program baru yang berdampak positif.
Dan
semuanya itu akan dievaluasi secara terincih oleh manajer Lembaga yang telah
ada. Dengan adanya berbagai evaluasi program kita (Lembaga Paud) akan dapat mengetahui
apa saja yang masih kurang dan apa saja yang masih harus diperbaiki, agar
kedepannya lembaga Paud ini akan menjadi sukses, axis didalam dunia pendidikan
dan terus berkembang kearah yang lebih baik lagi.
Dan
dengan diadakannya suatu evaluasi-evaluasi program yang telah lembaga Paud ini
lakukan maka seorang pimpinan akan mengetahui bahwa lembaga ini sudah bisa
dikatakan sukses atau tidak, yaitu dengan melihat hasil-hasil evaluasi yang
telah dilakukan tersebut, dan hasil-hasil evaluasi tersebut membuktikan kalau
Lembaga Paud ini bisa dibilang sukses dalam melakukan atau menjalankan suatu
organisasi dengan baik akan tetapi kami selaku lembaga Paud Al Falah Darussalam
ini tidak langsung puas atau terlena dengan semua hasil itu. Kami (Lembaga
Paud) selalu berusaha untuk terus melakukan usaha yang lebih baik lagi demi kesuksesan
lembaga ini. Agar lembaga ini akan selalu axis dalam dunia pendidikan di
Indonesia ini maupun di luar negeri. Dan yang terpenting juga bagi lembaga ini
kami semua pihak pimpinan lembaga ini sangat berharap, adanya Lembaga pendidikan ini akan membawa
kemaslahatan atau manfaat yang besar bagi lingkungan. Jadi tidak hanya
bermanfaat bagi organisasi ini saja akan tetapi dapat bermanfaat untuk
lingkungan dan semua masyarakat.
ü Analisis mengenai evaluasi Proses.
Dari
data wawancara yang saya lakukan dan saya mengamati mengenai evaluasi program
yang dilakukan dalam organisasi ini yaitu cukup bagus, dimana organisasi ini
menerapkan prinsip efektifitas memanajemen sekolah yang dimana adanya prinsip
efektifitas, yakni ketercapaian sasaran sesuai tujuan yang diharapkan. Jadi
dengan mengadakan evaluasi-evaluasi program, pimpinan lembaga akan mengetahui
seberapa besar atau seberapa jauh organisasi itu dalam mencapai sasaran tujuan
yang diharapkan. Jika sasaran sudah sesuai dengan tujuan maka lembaga ini akan
terus mempertahankan kualitasnya agar tidak jatuh atau turun target, sedangkan
jika sasaran masih belum sesuai tujuan maka lembaga ini akan menyusun strategis
rencana untuk kedepannya agar lembaga ini dapat meningkatkan sasaran yang
sesuai dengan tujuan organisasinya.
Dan
sesuai dengan yang saya amati tersebut bahwa lembaga Paud Al Falah Darussalam
ini sangat baik dan terstruktur dalam menangani berbagai
perencanaan-perencanaan dan strategis dalam
mewujudkan ketercapaian sasaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
BAB
III
METODE
PENULISAN
A. Prosedur pengumpulan data
Langkah-langkah yang dilakukan dalam
penyusunan Makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Mengumpulkan
data-data dengan cara saya melakukan observasi secara langsung dan mengamati
kondisi pembelajaran di PAUD Al-Falah Darussalam Selain itu Informasi dikumpulkan dengan: (1) wawancara, (2)
dokumentasi, dan (3) observasi. Penetapan sumber informasi dilakukan secara snowball.
Data yang terkumpul dianalisis dengan: (1) reduksi data, (2) penyajian data,
dan (3) pengambilan kesimpulan.
2. Perumusan
Masalah, Setelah melakukan observasi atau pengamatan , didapatkanlah rumusan
masalah.
B. Pengolahan data
Laporan observasi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif
eksplanatoris, yaitu suatu metode laporan yang tidak menguji hipotesis
melainkan memaparkan dan mengolah data. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
studi kasus karena laporan yang telah dilakukan ini menekankan pada
pengungkapan fakta secara rinci terhadap subjek penelitian, yang sesuai dengan
peristiwa yang terjadi di lapangan. Dan data-data yang telah diperoleh dari
hasil pengamatan observasi juga menggunakan metode Tanya jawab, kemudian data
diolah secara analitis, deskriptif.
Bab
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Manajemen
pendidikan Nonformal sangat berperan
penting dalam suatu proses atau upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang
ada dalam suatu organisasi. Dengan dilakukannya manajemen yang baik, itu akan
membantu organisasi dalam meningkatkan kualitas yang dimilikinya untuk dapat
mengembangkan organisasi itu menjadi terarah dan berkembang sesuai dengan
perubahan zaman. Dari data-data yang telah saya peroleh dalam observasi secara
langsung, saya dapat sedikit menyimpulkan bahwa organisasi Paud Al Falah
Darussalam ini sudah bisa dikatakan baik, dikarenakan dalam memanajemen atau
membuat suatu perencanaan-perencanaan yang sifatnya untuk memajukan suatu
organisasinya sangatlah terstruktur dan terencana secara efisien, karena banyak sekali
kelebihan-kelebihan yang ada pada organisasi ini. Contohnya saja seperti
struktur organisasinya, yang dimana peran serta pemimpin sangatlah menentukan
kemajuan dalam organisasinya dalam mencapai visi, misi dan tujuan
organisasinya. Dan juga keterlibatan antara staff dan guru-guru yang baik dalam
melaksanakan tugas-tugasnya secara all out dan partisifasi dari para anggotanya
bagus, mereka mempunyai rasa tanggung jawab penuh dalam mengemban tugas-tugas
yang telah diberikannya. Sehingga pemimpin organisasi lembaga ini bisa menjalin
hubungan baik dengan para anggota yang dimana dalam suatu organisasi itu
komunikasi sangatlah perlu dan penting.
Dan
didalam organisasi ini prinsip kerjasama yang baik akan membantu dalam
mewujudkan tujuan-tujuan organisasi. Dimana dalam kepemimpinan yang efektif,
yakni bagaimana seorang manajer dapat memberi pengaruh, ajakan pada orang lain
untuk pencapaian tujuan bersama. Oleh
karena itu peran pemimpin sangatlah penting bagi kemajuan organisasinya dimana
seorang pemimpin harus dapat mengembangkan
potensi dalam mengatur anggotanya serta seorang pemimpin harus mempunyai sikap
dan kepribadian profesional yang baik. Di dalam Teori Keprilakuan
(Behavioral Approach), Pendekatan perilaku
adalah keberhasilan dan
kegagalan seorang pemimpin itu
dilakukan oleh gaya bersikap dan bertindak pemimpin yang bersangkutan. Gaya
bersikap dan bertindak
akan tampak dari
cara memberi perintah, memberi
tugas, cara berkomunikasi, cara membuat
keputusan, cara mendorong semangat
kerja bawahan, cara
menegakkan disiplin, cara pengawasan dan lain-lain. Bila dalam
melakukan tindakan dengan
cara lugas, keras,
sepihak yang penting tugas
selesai dengan baik,
dan yang bersalah
langsung dihukum, gaya kepemimpinan itu cenderung bergaya otoriter.
Sebaliknya jika dalam
melakukan kegiatan tersebut
pemimpin dengan cara halus, simpatik, interaksi timbal
balik, menghargai pendapat
dan lain-lalin. Maka
gaya kepemimpinan ini
bergaya kepemimpinan demokratis.
Dan dari kesimpulan ini, organisasi Paud ini kepemimpinannya ini bergaya
kepemimpinan demokrasi, karena semua hal dilakukan secara musyawarah dan
menjunjung tinggi demokrasi dan adanya kebijakan toleransi.
B. Saran
Sejalan
dengan perkembangan zaman, peranan dalam manajemen Pendidikan Luar Sekolah
sangatlah penting sekali dalam suatu Organisasi atau Lembaga Pendidikan dan
sudah saat nya pemimpin dalam suatu lembaga mengutamakan tentang bagaimana
memanajemen pendidikan secara baik dan benar, caranya dengan meletakkan
prioritas dalam mengatur atau memanaj suatu perencanaa dalam lembaga pendidikan
sehingga lembaga pendidikan tersebut dapat berjalan dan terarah dengan baik.
karena manajemen pendidikan yang berhasil akan bermuara pada pertumbuhan
ekonomi yang tinggi dan tidak hanya itu seorang pemimpin atau manajer
seharusnya lebih memperhatikan rangkaian perencanaan dan selalu melakukan
evaluasi atau memonitoring semua rencana yang ada di lembaga pendidikan
tersebut agar lembaga pendidikan tersebut dapat terus berkembang menjadi lebih
baik dan yang tidak kalah pentingnya yaitu sikap atau kepribadian dari seorang
pemimpin itu sangat berpengaruh besar dalam suksesnya suatu organisasi.
Selain
itu juga, sejauh mana pengawasan yang dilakukan oleh seorang manajer atau
kepala sekolah terhadap pemberian
kebijakan dan perencanaan mutu dalam melakukan proses perencanaan yang
telah dibuat dengan baik dan seharusnya pula seorang manajer lebih memperhatikan
kualitas proses dalam pelaksanaaan pendidikan agar rangkaian perencanaan dapat
berjalan sesuai dengan planning awal. Dan
ikut berpartisipasi penuh dalam memimpin suatu lembaga pendidikan.
Tak ada gading yang tak retak,
begitu pula dengan tugas Laporan Observasi ini. Kami menyadari
bahwa laporan observasi yang kami
susun jauh dari sempurna
Untuk itu saya minta kritik dan saran demi kesempurnaan Makalah ini .
C. Lampiran.
Profil dan kegiatan yang ada di
Paud Al Falah Darussalam.




kegiatan Spiritual di Lingkungan Paud Al Falah Darussalam
