Posted by : Unknown Wednesday, 12 November 2014

Laporan Observasi mengenai Perencanaan

“Proses Perencanaan Lembaga Pendidikan di PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo”


Disusun :

Masrifah (131034038)
Kelas 2013 B


JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2014
Kata pengantar
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya. Sholawat dan salam kepada Rasulullah Muhammad
SAW, Tauladan sejati sampai akhir zaman sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Laporan Observasi Manajemen Pendidikan Luar Sekolah yang Berjudul “Laporan Observasi kunjungan lapangan di PAUD Al-Falaq Darussalam” dengan tema kunjungan lapangan sebagai wujud mahasiswa dalam mengeksplorasi pemahaman dalam memanajemen suatu organisasi atau Lembaga Pendidikan.  Penulisan tugas Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Pada kesempatan ini tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Allah SWT yang telah memberikan anugrah kesehatan dalam melakukan Observasi di PAUD Al-Falaq Darussalam sehingga saya bisa menyelesaikan Makalah Laporan Observasi  tersebut.
2.       Ayah dan Ibu yang selalu memberikan motivasi dan kasih sayang yang tidak ternilai, serta Do’a yang selalu dipanjatkan untuk saya.
3.       Bapak Dr. Soedjarwo, M.S. selaku Dosen Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Luar Sekolah.
Serta semua pihak yang turut membantu terselesaikan nya penulisan Makalah Laporan observasi Manajemen Pendidikan Luar Sekolah dan kakak-kakak angkatan yang telah memberi semangat dan masukan kepada kami hingga penulisan tugas Makalah ini selesai.
Penulis  menyadari sepenuhnya bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan sebagai manusia yang tidak lepas dari salah dan dosa sehingga masih banyak kekurangan dalam  penulisan Makalah ini, hal ini dikarenakan oleh keterbatasan kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis mengharapkan  kritik dan saran yang bersifat membangun  demi kesempurnaan tugas Makalah ini .Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu Manajemen Pendidikan Luar Sekolah dan sumbangan ilmiah yang sebesar-besarnya bagi penulis dan pembaca.
Hormat kami
Penulis

Daftar Isi
Halaman………………………………………………………………………………..….i
Halaman judul………………………………………………………………………….....ii
Kata pengantar……………………………………………………………………………iii
Daftar isi………………………………………………………………………………….iv
Ringkasan…………………………………………………………………..……………..v
BAB 1   PENDAHULUAN
A.    Latar belakang…………………………………………………………….………1
B.     Tujuan Observasi……………………………………………………...…….…….3
C.     Rumusan Masalah……………………………………………………..……...…...7
D.    Manfaat penulisan…………………………………………………………...…....10
BAB II   HASIL OBSERVASI
A.    Proses perencanaan Strategis
i.        Misi dan misi…………………………………………………………………11
ii.      Tujuan organisasi…………………………………………………………….12
B.     Jalan menuju sukses
i.        Kekuatan dan kelemahan Organisasi………………………………………...13
ii.      Peluang dan ancaman bagi Organisasi………………………………………14
C.    Mutu pendidikan Al Falah Darussalam
i.        Standart yang digunakan organisasi…………………………………………15
ii.      Penyampaian mutu Organisasi………………………………………………16
D.    Investasi SDM
i.        Kebijakan untuk para staff dan guru…………………………………………17
ii.      Biaya pengeluaran organisasi………………………………………………...18
E.     Mengevaluasi Proses
i.Proses Evaluasi Organisasi……………………………………………………..19
BAB III   METODE PENULISAN
A.    Prosedur pengumpulan data……………………………………………….....20
B.     Pengolahan data……………………………………………………………...21
BAB IV   PENUTUP
A.    KESIMPULAN…………………………………………………………..….22
B.     SARAN……………………………………………………………………...23
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki salah satu fungsi utama untuk mendidik calon guru agar dapat menjadi tenaga kependidikan yang professional. Calon guru yang professional dalam melaksanakan tugas profesi kependidikan harus mampu menunjukkan keprofesionalannya yang ditandai dengan penguasaan kompetensi baik kompetensi memanajemen pendidikan, pedagogic maupun andragogi, profesional maupun social. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang professional, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan kunjungan lapangan atau Observasi.
            Observasi merupakan kegiatan yang harus dilakukann oleh mahasiswa, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam semester-semester sebelumnya selain itu juga agar mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan dalam memanajemen pendidikan. Sehingga mahasiswa dituntut untuk menyiapkan diri dan  diharapkan mampu menjadi tenaga pembimbing, tenaga pengajar dan pemimpin, serta tenaga kependidikan lainnya yang professional dan berguna bagi perkembangan lembaga pendidikan tersebut.
            Melalui Observasi, mahasiswa juga benar-benar mengetahui bagaimana memanajemen suatu sekolah atau lembaga pendidikan dalam keadaan sebenarnya dilapangan, penyusunan rangkaian perencanaan lembaga pendidikan, serta membuat  kebijakan dan perencanaan mutu, hambatan apa saja yang dialami serta bagaimana mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Selain itu juga mengetahui bahwa Perencanaan Sekolah penting dilakukan untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku pendidikan dalam rangka menuju perubahan atau tujuan yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.
B.     Tujuan Observasi
Adapun tujuan laporan Observasi ini adalah untuk membentuk mahasiswa agar menjadi calon manajer pendidikan yang professional, sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian maupun kompetensi professional selain itu juga, memberi pengetahuan kepada pembaca khususnya para Mahasiswa tentang keadaan atau kondisi dalam memanajemen suatu Organisasi atau Lembaga Pendidikan serta dapat pengetahuan tentang bagaimana proses perencanaan dalam memanajemen pendidikan dengan baik dan benar. Selain itu juga tujuan observasi ini untuk mengetahui proses pembelajaran anak usia dini di Al-Falaq Darussalam yang tempatnya berada di Siodarjo Waru. Dan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencangkup profil Paud Al-Falah Darussalam mengenai konsep Pendidikan yang ada di Lembaga ini, rangkaian perencanaan memanajemen lembaga pendidikan di Al-Falah Darussalam ini. Sehingga pembaca mendapatkan gambaran keadaan kondisi tempat observasi, dan dengan laporan ini yang menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi sehingga tujuan laporan ini juga untuk dapat mengeksplorasi pemahaman tentang perencanaan dalam memanajemen suatu Lembaga Pendidikan dan  mendapatkan banyak ilmu-ilmu dan pengalaman yang telah di dapat dalam observasi secara langsung di PAUD “Al-Falah Darussalam Tropodo”.
C.    Rumusan Masalah

1.      Proses Perencanaan Strategis.
a)      Apa visi, misi dan tujuan Al-Falah Darussalam Tropodo ?
b)      Siapa pelanggan kita?
c)      Apa yang diharapkan pelanggan dari kita?
d)     Apa yang harus kita lakukan untuk memenuhi harapan pelanggan?
e)      Apa yang dibutuhkan para pelajar dari Paud Al-Falah Darussalam Tropodo?
f)       Metode apa yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelajar/pelanggan?
2.      Jalan menuju Sukses.
a)      Apa kekuatan, kelemahan yang ada pada Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo ?
b)      Adakah peluang dan ancaman bagi Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo ?
c)      Factor-faktor apa saja yang penting bagi kesuksesan Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo ?
3.      Mutu Organisasi.
a)      Apa standar yang akan oragnisasi ini gunakan?
b)      Bagaimana Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo menyampaikan mutunya ?
c)      Biaya apa yang harus kita keluarkan untuk mutu ?
4.      Investasi Sumber Daya Manusia
a)      Apa yang seharusnya Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo kepada para staff ?
b)      Apakah kita sudah cukup berinvestasi pada sumberdaya staff dan pengembangan staff?
5.      Mengevaluasi Program.
a)      Apakah kita memiliki proses tertentu dalam menghadapi sesuatu yang salah?
b)      Bagaimana kita tahu bahwa kita (Lembaga Paud Al-Falah Darussalam Tropodo) telah sukses?

6.      Manfaat Penulisan
Penulisan  laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis dan khususnya bagi pembaca, karena:
memberikan kesempatan kepada penulis untuk memberikan atau membagikan ilmu pengetahuan kepada pembaca dan penulisan ini juga sangat bermanfaat bagi penulis maupun bagi pembaca untuk bekal agar memiliki kompetensi manajemen, kompetensi kepribadian dala memanajemen dan pengetahuan untuk dapat memberikan gambaran dan data-data secara langsung tentang keadaan saat observasi di lapangan sehingga penulis sendiri dapat mempelajari dan mengkaji tentang bagaimana memanajemen suatu lembaga secara baik dan benar melalui kunjungan lapangan secara langsung di PAUD Al-Falah Darussalam.
Tidak hanya bagi penulis, laporan makalah ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena kita bisa mengetahui realita akan keadaan dan kondisi perencanaan dalam memanajemen pendidikan disana dan dengan membaca laporan ini juga bisa mendapatkan pengetahuan yang mungkin sebelumnya belum mengetahui dan setelah membaca ini jadi mengetahui tentang, bagaimana cara memanajemen suatu organisasi atau lembaga pendidikan secara baik dan benar. Sehingga lembaga pendidikan dapat terus maju dan berkembang kearah yang lebih baik.  Dan tidak hanya sekedar mengetahui dan membandingkan kondisi proses memanajemen pendidikan dan pembelajaran disana, akan tetapi juga kita mendapatkan informasi baru tentang ilmu merangkai perencanaan manajemen dalam memimpin lembaga  pendidikan. yang dilakukan disana itu seperti apa dan tahu bagaimana susahnya memanajemen lembaga pendidikan dan kendala-kendala yang dihadapinya dan cara menangani kendala tersebut sehingga dengan adanya laporan observasi ini kita bisa belajar banyak dari sana dan bisa mencontoh hal-hal positive yang telah didapat dari sana dalam mengelolah atau merangkai perencanaan manajemen suatu lembaga pendidikan .









BAB II
HASIL PENGAMATAN

A.    Proses Perencanaan Strategis.

1.      Profil dan Kurikulum

PAUD  Al-Falah Darussalam Tropodo  merupakan  lembaga  pendidikan  anak  usia  dini  yang dikelola   di  bawah  naungan   Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo (LPFDT). Lembaga Pengembang Pendidikan Al-Falah Darussalam Tropodo  dan Prosesi (LP3) merupakan pihak lembaga yang paling banyak berperan aktif   dalam   pengelolaan   lembaga   PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo. Dan LPFDT merupakan   pihak yang   mensupervisi, memonitori, dan mengevaluasi pengelolaan serta pelaksanaan lembaga PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo.
Di dalam  pengelolaannya  PAUD  Al-Falah Darussalam Tropodo  memberikan  wewenang  dan tanggungjawab tugas pengelolaan lembaga PAUD tersebut pada satu pengelola yang dipilih langsung oleh pihak LPFDT .Pengelola yang dipilih oleh LPFDT adalah salah seorang dosen dari jurusan PG PAUD.Pada saat ini, pengelola yang dipilih oleh pihak LPFDT adalah Ibu Fatimatuz Zuhro. Pengelola  PAUD  Al-Falah Darussalam Tropodo  berganti  setiap  satu  tahun sekali. Pengelola bertugas sebagai supervisor, penasehat, dan pengamat proses pelaksanaan  lembaga PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo , dari proses manajemen sampai pada proses pembelajarannya. Di bawah pengelola, terdapat dua kepala sekolah yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan lembaga.PAUD Al Falah Darussalam terdiri dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK).Oleh karena itu, terdapat dua kepala sekolah yang bertanggungjawab dalam memimpin lembaga tersebut, yaitu kepala KB dan kepala TK.
Setiap lembaga, baik KB maupun TK, memiliki otonomi sendiri untuk mengatur lembaganya masing-masing walaupun antara KB dan TK terdapat dalam satu bangunan.Walaupun  seperti  itu, kedua  lembaga  tersebut  harus  tetap menurut  pada  aturan pusat LPFDT yang telah ditetapkan. Selain itu, kedua kepala sekolah juga harus menerima masukan saran dan perbaikan yang diberikan oleh pengelola lembaga. Selain kepala sekolah, terdapat komite sekolah yang memiliki wewenang untuk ikut serta dalam pengelolaan lembaga. Komite sekolah biasanya dipilih secara musyawarah bersama dengan orang tua murid. Ketua sampai dengan anggota komite sekolah biasanya dijabat oleh orang tua murid.Komite sekolah berperan sebagai penghubung yang menghubungkan secara langsung antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Melalui komite sekolah, pihak sekolah dan orang tua murid dapat merencanakan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah.Selain itu, komite sekolah juga menjadi wakil orang tua secara langsung dalam mensupervisi pelaksanaan kegiatan maupun manajemen di sekolah. Komite sekolah diadakan dalam rangka mewujudkan sikap terbuka sekolah terhadap pihak orang tua murid, sehingga apabila  ada sesuatu  yang kurang  berkenan  bagi orang  tua murid,  mereka  dapat  langsung mengajukan keberatan atau perbaikan langsung kepada pihak sekolah.Pada tahun ajaran baru ini.
Dewan  guru  dan  staf  merupakan  beberapa  pihak  yang  ikut  berperan  aktif  dalam proses kegiatan pembelajaran maupun pelaksanaan memanajemen di lembaga PAUD Al Falah Darussalam.  Dewan guru berperan  aktif dalam kegiatan  pembelajaran  bersama  dengan anak- anak. Dewan guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik, tetapi juga berkewajiban  untuk melatih dan mengajari anak hal-hal yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan anak di masa depan.  Di  dalam  dewan  guru,  terdapat  sie  kurikulum   dan  sie  litbang. Sie   kurikulum berkewajiban untuk menyusun kurikulum dari program tahunan sampai dengan program harian. Selain    itu,   sie   kurikulum    juga   berkewajiban    untuk   mengevaluasi    program pembelajaran yang telah disusun oleh masing-masing guru.Selain sie kurikulum, terdapat sie Litbang (Penelitian dan Pengembangan).Sie  litbang merupakan pihak yang berperan dalam mengembangkan  kegiatan-kegiatan  extra maupun intra sekolah yang lebih bermanfaat  dan mampu mengoptimalkan  kecerdasan  serta perkembangan  anak. Selain itu, sie litbang juga bertugas  untuk  mengatur  segala  aktivitas  dari  luar  sekolah  yang  akan  diikuti  oleh  pihak sekolah. Pihak berikutnya yang ikut berperan dalam proses pelaksanaan lembaga adalah staf sekolah,  yaitu  bendahara  daTata  Usaha  yang  bertugas  sebagai  pengatur  keuangan  serta sebagai  administrator.  
Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran di PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo yaitu mengacu pada  kurikulum  Nasional Paud yang di integrasikan dengan kurikulum khas Al Falah Darussalam dengan menggunakan model pembelajaran dalam sentra. Melalui pengembangan kurikulum tersebut PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo  dapat mengembangkan  seluruh aspek perkembangan  anak seperti moral agama dan antara lain nya yaitu pembiasaan perilaku Al Islam, Al Qur’an, kognitif, bahasa, motorik dan sosial emosional yang disesuaikan dengan usia dan karakteristik setiap anak. Dan walaupun PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo  bukan merupakan bilingual school namun dalam pembelajaran tetap menggunakan 3 bahasa dengan bahasa indonesia sebagai bahasa utama, bahasa inggris dan bahasa Arab.
PAUD Al Falah Darussalam yang terdiri dari dua lembaga, yaitu Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki cara pembagian kelas yang agak berbeda. KB menerapkan sistem sentra dalam proses pembelajarannya, sedangkan TK menerapkan sistem area. KB dibagi menjadi 6 kelas dengan rata-rata setiap kelasnya terdapat 26 anak. Setiap anak di KB hanya masuk selama 5 hari setiap minggunya. Setiap minggunya, sekolah membuka 3-5 sentra yang dapat diikuti oleh anak. Di setiap sentra, anak akan didampingi oleh seorang guru. Struktur organisasi kelas di KB belum terlalu disusun secara rinci karena faktor usia anak yang masih sangat dini, sehingga hanya ada guru yang ikut berperan langsung dalam mengelola kelas. Sedangkan proses administrasi kelas di KB secara keseluruhan diatur oleh guru sentra. Penataan ruang, perencanaan dan penyusunan materi pembelajaran, pengaturan anak di kelas, serta perencanaan  media maupun perlengkapan  yang dibutuhkan  oleh anak diatur dan dilengkapi secara langsung oleh manajer SDM, manajer Humas, manajer RND dan peran guru-guru.
 Dan TK Al Falah Darussalam terdiri dari 5 kelas, dengan pembagian 2 kelas yaitu, TK A sedangkan  3 kelas lainnya  adalah  TK B. Dalasatu kelasrata-rata  jumlah  siswanya adalah 26 anak. Setiap kelas memiliki satu wali kelas yang berperan aktif dalam mengatur murid walinya.Sistem  pembelajaran  yang moving area membuat  anak tidak tinggal hanya pada satu kelas atau pada kelasnya sendiri. setiap  harinya, anak-anak akan berpindah kelas untuk mendapatkan  pembelajaran  di salah satu area yang telah ditetapkan.  Tidak berbeda dengan di KB, karena keterbatasan usia, maka anak-anak di TK tidak dapat ikut andil secara langsung dalam proses organisasi kelas. Anak-anak hanya berperan aktif sebagai siswa yang akan didampingi oleh guru kelas. Wali murid sebagai  guru kelas yang bertanggungjawab dalam proses pengelolaan  dan pelaksanaan  organisasi kelas, berkewajiban  untuk mengatur kelasnya sehingga menjadi lebih teratur dan terkondisikan secara baik. Segala macam proses administrasi ditangani langsung oleh manajer keuangan. sedangkan perencanaan kegiatan harian, portofolio anak, evaluasi, dan absen anak diatur secara langsung oleh wali kelas. Sehingga  wali kelas memiliki tanggungjawab besar untuk dapat mengatur kelasnya dengan baik.

2.      Visi dan Misi dan Tujuan Paud Al-Falah Darussalam Tropodo.

a.      Visi
Lembaga pendidikan yang seluruh aspek kegiatannya berlandaskan pada nilai-nilai Al Qur’an dan As-Sunnah, yang tercermin dalam Akhlakul Karimah. Dengan menjadikan siswa-siswi yang berakhlakul karimah, mandiri dan berketerampilan optimal mengacu pada Al Qur’an dan Hadist.
b.      Misi
1.      Membiasakan bersikap dan berperilaku secara Islami
2.      Memberikan wadah untuk mengoptimalkan bakat dan minat siswa
3.      Mengantarkan siswa untuk siap mengikuti ke jenjang selanjutnya.
c.       Tujuan pendidikan
Membantu orang tua dalam mendidik putra putri mereka untuk : Menjadi anak yang sholeh-sholihah, dengan ciri: beraqidah yang mantab, berakhlakul karimah, berilmu pengetahuan yang luas, berketerampilan yang canggih, peduli terhadap agama, bangsa dan lingkungan sekitanya serta siap hidup menatap zamannya dengan ridho Allah SWT.
Ø  Menumbuh kembangkan Fungsi
o   Menjadikan anak didik menjadi pemimpin , pengelola, dan pengatur (Khilafah) di bumi (QS. Al-Baqarah:30)
o   Siswa didik untuk bisa memperhatikan, mengamati, menganalisa, memanfaatkan, dan melestarikan alam semesta.
o   Siswa didik untuk berkemampuan intelektual, berketrampilan, dan mempunyai kepedulian social yang tinggi.
o   Dari ketiga hal tersebut diatas siswa diharapkan menjadi manusia yang berderajat tinggi dihadapan Allah dan manusia dan menjadi insan kamil
ü  Membentuk kebiasaan baik dan islami kepada anak
ü  Mengembangkan komunikasi
ü  Mengembangkan aspek emosi atau kepribadian
ü  Mengembangkan aspek fisik dan motoric
ü  Mengembangkan aspek social Dan Mengembangkan aspek kognisi





Peserta Didik Pada tahun ajaran 2013/2014 jumlah peserta didik di PAUD Al-Falah Darussalam Tropodo sudah cukup banyak yaitu 156. Yang terdiri dari:

Kelompok Bermain ( Play Group)   dan     Taman Kanak-kanak (TK)

kelompok
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
A1
12
14
26
A2
10
16
26
A3
13
12
25

KELOMPOK
LAKU-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
B1
14
13
27
B2
12
14
26
B3
15
11
26

Dan tenaga pendidik berpengalaman dengan memiliki akhlaq & keislaman yang baik. Berkualitas pendidikan lulusan minimal S 1 dan berdedikasi serta inovasi tinggi. Dengan guru-guru yang berjumlah 18 guru Paud.


ü  Analisis Mengenai struktur Organisasi, administrasi dan Kurikulum di Al-Falaq Darussalam
Menurut pengamatan yang telah saya lakukan, saya menganalisis bahwa organisasi Al Falah Darussalam ini sudah sangat terstruktur secara baik, kenapa demikian?, karena saya melihat pembagian-pembagian tugasnya sudah terencana dan terstruktur sehingga dalam melakukan tugas pengelolaan, yakni seorang manajer atau pemimpin mengutamakan tugas-tugas pokoknya. Tugas-tugas yang bersifat operatif hendaknya dilimpahkan pada orang lain secara proporsional. Manakala seorang manajer telah melimpahkan tugas kepada orang lain, tanggung jawab tetap ada pada pimpinan. Dan dengan dibentuknya struktur organisasi itu akan mempermudah pimpinan dalam melakukan pembagian tugas-tugas kepada anggotanya.
Dan pengamatan saya, mengenai kurikulum yang ada di PAUD Al-Falah Darussalam tersebut sudah cukup baik, karena selain menggunakan kurikulum Nasional PAUD juga di integrasikan atau mix dengan kurikulum yang di buat oleh Lembaga Al-Falaq Darussalam itu sendiri, dengan menggunakan pengembangan sentra. Melalui integrasi atau kolaborasi dari kurikulum Nasional PAUD dengan kurikulum dari Al-Falah Darussalam itu sendiri sehingga dapat mengembangkan  seluruh aspek perkembangan  anak seperti moral agama antara lain nya yaitu pembiasaan perilaku Al Islam, Al Qur’an, kognitif, bahasa, motorik dan sosial emosional yang disesuaikan dengan usia dan karakteristik setiap anak. Jadi PAUD Al-Falaq Darussalam ini tidak hanya mengacu pada 1 kurikulum Nasional Paud akan tetapi lembaga ini juga merancang kurikulum tersendiri yang dimana kurikulum itu dapat membantu mempermudah mendidik anak-anak usia dini.
Dan menurut analisa yang saya tangkap dari observasi tersebut, bahwa Lembaga Paud disini pembelajarannya lebih pada pendidikan karakter bagi anak usia dini, dimana pembelajaran dan materi yang di utamakan yaitu materi pembelajaran moral, agama dan perilaku yang berbasis islami bagi peserta didik, jadi saya dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran disini lebih mengarah pada pendidikan karakternya.
3.      Kebutuhan Pelajar.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam merupakan lembaga pendidikan bagi anak usia dini, dimana pelanggan dari lembaga ini yaitu orang tua dari peserta didik. Didalam lembaga Paud Al Falah Darussalam ini berusaha membantu para pelanggan (orang tua murid) dalam mewujudkan impiannya, agar anak-anak mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah yang berlandaskan pada Al Qur’an dan As’Sunnah.
a)      Harapan Pelanggan (Orang Tua Murid).
Banyak harapan-harapan para orang tua murid pada Lembaga Paud disini, yaitu salah satu harapan orang tua murid yang telah memberikan kepercayaan pada lembaga ini dengan menyekolahkan anak-anak mereka disini, salah satu harapan para orang tua murid yaitu, para orang tua murid berharap agar anak-anak mereka menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah yang berlandaskan pada Al Qur’an dan As’Sunnah dan dapat membentuk kebiasaan baik dan islami sehingga mempunyai akhlak yang baik, selain itu juga para orang tua murid berharap anak-anak mereka dapat mengembangkan komunikasi, aspek emosi atau kepribadian dengan baik dan mempunyai prestasi dalam akademik.
b)     Strategi yang Lembaga ini lakukan agar harapan pelanggan (Para Orang Tua Murid ) tercapai.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam disini mempunyai beberapa strategi-strategi yang telah dirancang oleh manajer SDM yang telah Lembaga ini sediakan sehingga adanya strategi ini dapat mewujudkan harapan dari para pelanggan (Orang Tua Murid), yaitu Lembaga Paud disini menyediakan layanan khusus bagi orang tua murid, seperti dari pihak kepala sekolah maupun pihak guru-guru disini mereka saling berkomunikasi secara intens dengan para orang tua murid.
Dimana orang tua murid bisa menanyakan sudah seberapa jauh perkembangan pembelajaran anak-anak mereka selama di sekolah dan lain sebagainya, lalu para guru-guru pun juga menanyakan pada orang tua murid mengenai bagaimana perkembangan peserta didiknya setelah mengikuti proses pembelajaran, apakah peserta didiknya sudah bisa mengimplementasikan di rumah, mengenai apa yang telah diajarkan di sekolah, sehingga dengan adanya hubungan komunikasi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi orang tua murid dalam mendidik anak-anak mereka selama dirumah, selain itu juga selalu medapatkan info mengenai perkembangan belajar anaknya selama disekolah. begitupun bagi para guru-guru , merekapun akan mengalami kemudahan dengan adanya komunikasi tersebut. Guru-guru bisa mengetahui dan mengukur apakah materi-materi pembelajaran yang disampaikan pada peserta didik itu berhasil atau kah tidak dan guru-guru pun bisa mengukur kemampuannya dalam mendidik peserta didiknya sehingga guru-gurupun dapat melakukan evaluasi diri mengenai pembelajaran yang sudah berhasil maupun belum berhasil dengan mendapatkan informasi dari orang tua murid. Sehingga setelah melakukan evaluasi pembelajaran guru-gurupun bisa memperbaiki cara mengajar mereka untuk lebih baik lagi.
Selain itu juga guru-guru di Lembaga Al Falah Darussalam ini, mereka diwajibkan untuk selalu up to date mengenai perkembangan dari luar, seperti guru-guru disini selalu mencari informasi atau perkembangan mengenai cara pembelajaran yang baik dan dapat mudah dipahami oleh murid, jadi intinya mereka harus bisa menggunakan teknologi computer dengan baik agar mereka mendapatkan wawasan pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai cara-cara pembelajaran. Sehingga mereka akan berusaha membuat inovasi-inovasi baru mengenai cara mengajar yang lebih baik lagi untuk keberhasilan dalam menyampaikan materi yang diajarkannya.
Dan tidak hanya itu saja, Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini juga menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas pembelajaran dalam rangka mendukung proses pembelajaran di Lembaga ini. Dengan adanya banyak fasilitas yang disediakan diharapkan akan mempermudah guru-guru dalam melakukan proses mengajar dan pembelajaran. Dan Berikut ini fasilitas-fasilitas yang diberikan :
Ø  Fasilitas PG-TK.

1.      Fasilitas umum
·         Ruang ber-AC dengan beragam fasilitas untuk menunjang pembelajaran siswa dan bersifat rekreatif
·         Halaman sekolah yang menarik
·         Masjid representative
·         Hall multiguna
·         Ruang makan yang nyaman
·         Klinik kesehatan dengan dokter bersertifikat
·         Staff keamanan dengan layanan 24 jam dan Layanan antar jemput


2.      Teknologi Informasi & Learning Resecourse Center
Ø  Laboratorium computer dengan akses internet
Ø  Pusat sumber belajar dengan laptop & LCD, Video, CD dan permainan edukatif
Ø  Perpustakaan terdiri dari 12.000 macam koleksi buku, majalah dan media cetak.
Ø  Taman flora faunan mini dan Majalah sekolah

3.      Kesenian, Olaraga dan rekreasi
·         Ruangan dan fasilitas music di lengkapi dengan alat music seperti angklung, keyboards rebana dll.
·         Tempat bermain outdoor dan indoor dan Kolam renang (tempat untuk bermain air)

c)      Metode dalam mengidentifikasi kebutuhan pelajar.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini setiap 3 bulan sekali mengadakan rapat dengan semua pihak pengurus lembaga, dan didalam rapat tersebut selalu membahas mengenai kebutuhan peserta didik yang saat ini dibutuhkan itu apa saja, dan semua guru-guru selalu mengamati dan menilai perkembangan belajar siswa selama disekolah mengenai kebutuhan-kebutuhan belajar apa saja yang saat ini dibutuhkan oleh peserta didik itu. Dan tidak hanya rapat antar lembaga saja, akan tetapi juga para gurupun juga mengadakan rapat dengan para orang tua murid untuk mengetahui kebutuhan belajar apa yang masih kurang dalam diri peserta didik, agar pihak guru disini bisa memberikan tambahan pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik.
Peserta didik mempunyai waktu luang yang panjang di rumah bersama orang tuanya sehingga orang tua murid pasti lebih mengetahui dan dapat mengukur sudah seberapa jauh kah, perkembangan belajar anak-anaknya dan sudah sampai tingkat mana kah anak-anaknya mengimplementasikan hasil belajarnya disekolah. Dikarenakan orang tua yang paling memahami kondisi sang anak tersebut jadi informasi mengenai hal itu sangatlah memberikan kemudahan bagi guru dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didiknya. 
ü  Analisis mengenai komponen Kebutuhan Belajar.
Dari pengamatan yang telah saya lakukan bahwa, di Paud Al-Falaq Darussalam ini banyak fasilitas yang telah diberikan oleh lembaga kepada peserta didiknya, dan menurut analisis saya itu merupakan salah satu  bentuk kelebihan dari lembaga ini, dengan cara mereka menyediakan berbagai fasilitas dalam pembelajaran itu akan menarik minat para  orang tua untuk menyekolahkan anaknya di tempat yang terlihat berkualitas dan nyaman untuk belajar dan di lihat dari sarana prasarananya yang telah disediakan itu merupakan  tambahan point untuk lembaga ini, dengan banyaknya fasilitas yang ada itu juga akan meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar didalam lembaga Paud Al-Falaq Darussalam ini.
Contohnya saja di Paud Al-Falah Darussalam ini disediakan Laboratorium computer dengan akses internet, dengan disediakannya Laboratorium itu akan sangat membantu dalam melakukan proses belajar dan pembelajaran. Walaupun peserta didiknya masih anak usia dini tapi mereka sudah diajarkan  dan diperkenalkan tentang teknologi   dan itu menurut saya, pembelajaran yang cukup bagus. Kenapa? Karena itu akan memberikan keuntungan bagi peserta didik, jika mereka sudah lulus dan melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi (Sekolah Dasar atau “SD”), maka itu akan menjadi bekal ilmu mereka selama menempuh pendidikan dasar. peserta didik tidak akan mengalami buta teknologi atau mengalami kesusahan dalam mnegoperasikan computer lagi karena sejak usia dini mereka sudah diperkenalkan tentang teknologi.
Dan metode dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar yang dilakukan lembaga Paud  Al Falah Darussalam ini, menurut saya cukup kooperatif, karena mereka mengidentifikasi kebutuhan belajar dengan melibatkan orang tua murid, jadi antara guru-guru dan para orang tua murid saling berkomunikasi dan bekerja sama dalam mewujudkan keberhasilan dalam mendidik anak-anaknya. Dengan menjalin hubungan kerjasama yang baik dan saling bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya, maka akan lebih mudah kita dalam mewujudkan harapan-harapan orang tua murid maupun harapan guru-guru agar anak didiknya dapat berkembang lebih baik, sesuai dengan harapan para orang tua murid. Dan menurut saya prinsip memanajemen lembaga ini bisa di bilang bagus, kenapa? Karena dalam memanajemen suatu organisasi perlu adanya prinsip kerjasama, yakni seorang pimpinan hendaknya dapat membangun kerjasama yang baik secara vertical maupun secara horizontal dan lembaga Paud disini sudah bisa melakukan prinsip kerjasama itu dengan baik, dengan cara mereka melakukan hubungan baik dengan anggota yang ada didalam lembaga tersebut dan para pelanggan (orang tua murid).
B.     Jalan Menuju Sukses.

a.)    Kekuatan (Kelebihan) yang ada dalam Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Kelebihan yang ada pada Lembaga ini yaitu, banyaknya kepercayaan yang diberikan masyarakat pada lembaga ini. Setiap tahun lembaga ini mengadakan evaluasi program mengenai tingkat keberhasilan dalam lembaga ini. Disetiap tahunnya banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya disini, dan bisa diartikan bahwa setiap tahunnya peserta didik baru selalu meningkat jumlahnya, dan belum pernah mengalami penurunan. Selain itu perbedaan Lembaga Paud disini dengan Lembaga-lembaga Paud yang lainnya yaitu, pembelajaran mengenai akhlak dan agamanya lebih lama, maksudnya jam belajarnya lebih banyak digunakan untuk program baca Al Qur’an, dan lebih pada pendidikan karakter dari peserta didiknya, sehingga hal itu yang menjadikan banyak orang tua murid yang memberikan kepercayaan kepada lembaga Paud disini dengan menyekolahkan anak-anaknya di lembaga ini. Selain itu juga Tim Manajemen yang antusias, moral staff yang baik, adanya dukungan pimpinan institusi dan sebuah rekruitmen yang kuat.
b.)   Kelemahan yang ada dalam Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Tidak banyak kelemahan yang lembaga ini alamai, hanya saja ada satu kelemahan yang ada dalam lembaga ini yaitu, lingkungan belajar yang kurang inklusif. Dilembaga Paud ini memang tempat atau lingkungan sekolahnya berada ditengah-tengah perumahan jadi terkadang ada tetangga yang merasa kurang nyaman dikarenakan mereka merasa terusik dengan adanya suara-suara anak-anak kecil atau merasa sedikit terganggu dengan suara anak-anak didik tersebut.
c.)    Peluang Bagi Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Bagi lembaga Paud ini, masih banyak peluang-peluang untuk bisa lebih maju dalam mengembangkan dan menyukseskan lembaga Paud ini, dikarenakan lembaga ini mempunyai berbagai program perencanaan dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan, dan program-program itu telah terstruktur dan terencana  dengan baik. Karena disini ada beberapa manajer , contohnya seperti manajer Humas, manajer SDM, manajer keuangan dan manajer RND, dan mereka semuanya melakukan pekerjaanya secara all out, dimana organisasi  ini berada dalam naungan LPFDT. jadi didalam organisasi ini sangat menjunjung tinggi keprofesionalitasan dalam bekerja. Sehingga lembaga sangat yakin dan percaya diri bahwa Lembaga Paud ini kedepannya akan meningkat lebih baik lagi. Dan akan terus axis didalam dunia pendidikan.
Dan tidak hanya itu, lembaga Paud Al Falah Darussalam ini juga menjalin hubungan-hubungan dengan berbagai organisasi atau menjalin jaringan dan perluasan jenjang dalam melakukan kerjasama dengan instansi-instansi lain , salah satunya partner dalam lembaga ini yaitu Bank Syariah Mandiri, YDS, AMECC ( instansi dari America), TOPSII dan University Cambrich. Lembaga ini menjalin jaringan dengan banyak instansi, dikarenakan dalam lembaga pendidikan Al Falah disini, tidak hanya PAUD dan TK saja melainkan adanya Sekolah Dasar (SD). Jadi antara Paud dan SD tempatnya jadi satu di dalam lembaga Al Falah Darussalam. Kalau SD sudah bertaraf Internasional sedangkan Paud nya masih standart Nasional. Dan adanya peluang untuk mengembangkan keahlian para staff untuk meningkatkan daya tawar dan instansi yang sudah melakukan penggabungan dapat menarik penyandang dana baru.
Ø  Ancaman bagi Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Bagi lembaga Paud Al Falah Darussalam ini merasa mempunyai ancaman dalam bersaing dengan lembaga-lembaga lainya, apalagi nanti di tahun 2015, Indonesia akan memasuki pasar bebas  ASEAN atau adanya AFTA, dimana dengan adanya pasar bebas dan perjanjian AFTA itu, pasti banyak orang-orang luar yang akan bekerja sama di Indonesia ini, dan akan mulai banyak pengusaha-pengusaha yang akan berbisnis dalam dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah-sekolah baru di Indonesia ini, yang dimana sekolah-sekolah itu akan bertaraf sekolah internasional dan itu merupakan amcaman bagi lembaga ini.
Akan tetapi lembaga ini tidak pesimis dengan ancaman dari luar tersebut, dikarenakan lembaga ini, jauh hari mulai mempersiapkan strategi-strategi yang akan  digunakan dalam meningkatkan daya saing dengan sekolah-sekolah lain.
C.    Mutu Lembaga Paud Al Falah Darussalam.

a)      Standart Lembaga Paud Al Falah Darussalam.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini sudah menyandang predikat terakreditasi A. Dan lembaga ini menggunakan kurikulum Nasional yang di integrasikan dengan kurikulum dari Al Falah Darussalam itu sendiri. Dan juga kurikulum dalam lembaga ini lebih mengutamakan pada pendidikan karakter dan moral bagi peserta didiknya.
b)     Strategi Lembaga Paud Al Falah Darussalam dalam penyampaian mutu pendidikan.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini melakukan hubungan kerja sama yang baik dengan para orang tua murid dengan melakukan komunikasi secara intens, sehingga pihak lembaga atau guru-guru bisa menyampaikan mutu pendidikanya dengan cara orang tua dapat melihat sendiri sikap perilaku anaknya di rumah dan para orang tua pasti akan memahami dan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada anaknya selama anaknya mengikuti proses pendidikan di sekolah. Contohnya seperti anak yang sebelum sekolah di Paud Al Falah Darussalam ini belum bisa berprilaku dan berkomunikasi secara sopan dan baik, dengan mengikuti proses pembelajaran disini anak tersebut mengalami perubahan secara signifikan, yang awalnya belum bisa berprilaku dan berkomunikasi secara baik anak akan mengalami perubahan dalam berprilaku dan cara berkomunikasi di lingkungan rumah. Dan itu akan dinilai oleh orang tua murid, secara tidak langsung mutu itu akan tersampaikannya dengan sendirinya karena orang tua murid pasti akan menilai setiap perubahan yang ada pada diri sang anak tersebut selama sang anak itu mengikuti pembelajaran di sekolah.
Dan tidak hanya itu, mutu lembaga paud ini juga bisa dilihat melalui sikap guru-guru terhadap wali muridnya. Dimana seorang guru yang mempunyai sikap yang baik dan sopan santun yang tercermin didalam masyarakat itu, pasti akan dinilai oleh masyarakat maupun orang tua murid. Sehingga sikap dari guru-guru terhadap orang tua murid sangat mempengaruhi dalam proses melakukan penyampaian mutu pendidikan Lembaga Paud ini.
Banyak orang tua yang beranggapan,  jika gurunya  mempunyai sikap dan akhlak yang baik dan sayang terhadap anak-anak kecil maka guru-guru itu akan mudah dipercaya oleh masyarakat dalam mendidik anak-anaknya, atau bisa diartikan bahwa orang tua murid akan memberikan kepercayaan pada lembaga Paud ini , dengan menyekolahkan anak-anak mereka ditempat ini.
Dan banyaknya keberhasilan yang telah diraih oleh Lembaga Paud ini dalam mendidik peserta didik dengan melihat banyaknya prestasi-prestasi yang telah di dapatkan atau diraih oleh  peserta didik disini. Dan di Lembaga Paud ini juga sering kali, peserta didiknya di ikutkan lomba-lomba, contohnya lomba menggambar, lomba menyanyi, membaca Al Quran dll. Dan lembaga ini banyak sekali memenangkan perlombaan sehingga orang tua murid atau masyarakat bisa melihat mutu yang telah terlihat pada lembaga ini, dan dengan melihat dan mengamati bahwa banyak anak-anak didik yang dapat berprestasi dengan baik disini, maka itu akan meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan (Orang Tua Murid) pada Lembaga Paud disini.
c)      Biaya yang dikeluarkan dalam penyampaian mutu pendidikan.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam, sudah mempunyai manajer keuangan, manajer SDM, dan manajar humas, yang telah merancang sedemikian rupa keperluan-keperluan yang menyangkut suksesnya lembaga ini (rencana strategis). Seorang manajer disini telah menyiapkan banyak strategi-strategi khusus, contohnya adanya strategi jangka panjang, yang menyangkut perluasan jaringan, perluasan jenjang, bekerja sama dengan instansi lain dan kalau strategis jangka pendek, menyangkut tentang pembelajaran atau proses belajar-mengajar.
selain itu lembaga Paud ini dalam menyampaikan mutu-mutunya dengan berhubungan baik dengan masyarakat sekitar atau dengan memberikan informasi pada masyarakat melalui penyebaran brosur, pam flet, Spanduk dan lain-lain. dan lembaga ini juga mempunyai Web . Akan tetapi web Paud menjadi satu dengan sekolah Dasar (SD) karena antara Paud, TK dan SD itu merupakan satu Lembaga Pendidikan yang dibawah naungan LPFDT.  Dan bagi siswa yang rumahnya didaerah sini atau di perumahan ini maka lembaga Paud ini akan memberikan potongan biaya pendidikan.
Lembaga Paud disini juga memberikan beberapa fasilitas untuk para guru, yang dimana tujuannya untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengajar sehingga mutu dari lembaga ini akan terus berkembang dan menjadi lebih baik di dunia pendidikan dan masyarakat, contohnya seperti guru-guru disini setiap 3 bulan sekali di ikut sertakan dalam seminar nasional, di ikut sertakan dalam kegiatan pelatihan-pelatihan yang dampaknya mereka akan menjadi lebih baik dan lebih inovasi lagi dalam mengajar peserta didik.
ü  Analisis mengenai mutu Lembaga Paud Al Falah Darussalam
Melihat strategi-strategi yang telah dibuat oleh lembaga Paud Al Falah Darussalam ini, menurut analisis saya cukup baik, karena menurut saya lembaga ini sudah menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan, dimana mereka telah mengimplementasiakan prinsip pengelolahan, yakni seorang pemimpin melakukan pengelolaan sumber-sumber daya yang ada. Dan itu bisa dilihat dari cara-cara yang telah di rencanakan oleh lembaga ini. Mereka menyusun strategis rencana dengan baik.
Lembaga Paud disini rela mengeluarkan banyak biaya untuk memajukan lembaga pendidikan ini dengan menyediakan beberapa manajer yang akan menangani secara khusus mengenai perkembangan dan kemajuan untuk lembaga ini, dan juga lembaga paud disini berani menjalin hubungan internasional dengan berbagai instansi dan menjalin net working dengan lembaga-lembaga lain. dan dari analisis yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa lembaga ini dapat memenajerial suatu lembaga dengan baik dan mereka telah mengeluarkan banyak biaya demi kemajuan mutu lembaga pendidikan anak usia dini disini.

D.    Investasi Sumber Daya Manusia.

a.      Kebijakan-kebijakan Lembaga Paud Al Falah Darussalam untuk mewujudkan tujuan Lembaga ini.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam mempunyai beberapa kebijakan-kebijakan yang diberikan pada staff dan guru-guru disini dalam rangka untuk mewujudkan tujuan dari lembaga ini. Ada beberapa kebijakan yang kami (Lembaga) ini, berikan yaitu lembaga ini memberikan gaji yang memadai, instensif, memberikan asuransi, jam sostek, asuransi kesehatan atau layanan kesehatan, memberikan hari libur dan memberikan cuti pada para guru-guru dan guru-guru disini setiap 3 bulan sekali selalu diikut sertakan dalam seminar nasional, kegiatan pelatihan pembelajaran dan biaya kegiatan itu ditanggung oleh Lembaga Paud.
Dan lembaga Paud Al Falah Darussalam ini setiap satu tahun sekali menyelenggarakan program tahunan yaitu adanya pemberian Reward pada staff dan guru-guru disini. Jadi setiap tahun sekali ada pemilihan guru berprestasi, guru terdisiplin, guru terkreatif dan guru yang berprestasi diluar. Dan lembaga kami menilai guru-guru dengan melihat kesehariannya di sekolah, dalam arti melihat keaktifan para guru-guru dengan mengamati, apakah guru-guru itu mempunyai rasa partisipasi yang tinggi terhadap lembaga contohnya setiap kali ada kegiatan dilembaga guru itu selalu ikut berperan aktif dalam sekolah, dan lembaga kami juga melihat keaktifan para guru diluar sekolah, contohnya ada guru-guru yang aktif mengikuti perlombaan atau seminar sehingga mereka aktif diluaran sekolah, dengan prestasi-prestasi yang didapat guru-guru, itu akan membawa nama baik lembaga Paud disini.
Dan untuk guru yang melalukan pelanggaran akan diberikan punishmen, akan tetapi punishmen itu tidak langsung diberikan pada guru tersebut, lembaga ini memberikan kebijakan kebijakan untuk guru yang telah melanggar peraturan dengan cara yang pertama diberikannya peringatan secara lisan, ditanya oleh pimpinan, kenapa bisa melanggar peraturan, sehingga pihak lembaga atau pimpinan lembaga mengetahu alasannya tersebut, dan jika alasannya masuk akal maka akan diberi kelonggaran, akan tetapi jika terbukti telah melakukan pelanggaran maka akan mendapatkan surat peringatan (SP) tertulis, dan jika staff atau para guru telah mendapatkan SP sebanyak 3 kali maka mereka akan diberhentikan dari pekerjaanya.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini, sudah melakukan banyak hal mengenai berinvestasi pada sumber daya staff dan pengembangan staff dalam rangka untuk tercapainya tujuan dari lembaga Paud disini. Lembaga kami sudah mengeluarkan berbagai kebijakan-kebijakan yang dilakukan pada staff dan para guru-guru disini, dan harapan lembaga ini dengan diberikannya berbagai fasilitas atau kebijakan untuk para guru-guru disiini, lembaga ini yakin bahwa para staff dan guru-guru akan dapat bertanggung jawab dengan pekerjaannya sehingga mereka dapat bekerja secara all out dan tetap menjaga keprofesionalitasan dalam bekerja, agar tujuan dari lembaga ini dapat terwujud dengan baik.
ü  Analisis mengenai Investasi SDM.
Menurut analisa yang saya tangkap dari wawancara observasi tersebut, bahwa lembaga Paud Al Falah Darussalam ini memang telah menyediakan berbagai kebijakan-kebijakan yang telah dibuat untuk para staff dan guru-guru disini,, dan menurut analisa saya bahwa kebijakan yang telah dibuat itu memang suatu strategi yang dilakukan pimpinan lembaga untuk mendorong anggotanya (staff & guru-guru) untuk dapat bertanggung jawab dengan apa yang telah diamanatkan pada mereka sehingga dengan adanya kebijakan-kebijakan yang seperti itu, akan membantu lembaga ini untuk mempermudah meraih kesuksesan didalam dunia pendidikan.
Dan adanya peraturan-peraturan yang tegas pula itu akan mendorong para staff dan guru-guru untuk dapat disiplin dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga mereka bekerja tidak hanya asal dalam melakukan pekerjaan tetapi diiringi dengan rasa tanggung jawab penuh. Dan itu merupakan suatu prinsip pengelolaan manajemen sekolah yang baik. Dimana dalam kepemimpinan seorang pemimpin yang baik akan bereffek pula pada anggotanya.

E.     Mengevaluasi Proses.
Lembaga Paud Al Falah Darussalam ini setiap 6 bulan sekali mengadakan evaluasi program pembelajaran contohnya seperti, apakah pembelajaran yang dilakukan itu akan mendapatkan effek yang positive atau kah akan berdampak negative pada peserta didik, mengadakan penilaian antar guru sejawat, yang dimana itu akan dapat mengukur kemampuan mengajar dan agar dapat terus meningkatkan kualitas dalam mengajar dan dapat membuat berbagai suatu inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran untuk peserta didik.  . Dan setiap 1 tahun sekali juga mengadakan evaluasi program perencanaan strategis. Semua evaluasi-evaluasi yang dilakukan itu dengan tujuan untuk mengetahui apa saja sesuatu yang salah atau kurang tepat dalam melakukan proses kegiatan-kegiatan dalam organisasi atau lembaga, maksudnya, seperti mengevaluasi cara kepemimpinan lembaga, mengevaluasi berbagai program-program yang telah dibuatnya, mengevaluasi program yang telah berjalan dan melihat dampak yang telah terjadi dengan adanya program atau kebijakan-kebijakan yang dibuat, dan mengevaluasi program yang masih akan berjalan, dengan menganalisa dampak apa yang akan terjadi atau perubahan apa yang akan terjadi setelah diadakannya program itu. Jika suatu program yang telah dibuatnya sangat berdampak positif bagi peserta didik dan para staff & guru maka progam itu akan terus berjalan, sedangkan apabila suatu program yang dilakukan menimbulkan dampak-dampak yang kurang baik atau dampak negative maka program tersebut akan digantikan atau diperbaiki dengan membuat program baru yang berdampak positif.
Dan semuanya itu akan dievaluasi secara terincih oleh manajer Lembaga yang telah ada. Dengan adanya berbagai evaluasi program kita (Lembaga Paud) akan dapat mengetahui apa saja yang masih kurang dan apa saja yang masih harus diperbaiki, agar kedepannya lembaga Paud ini akan menjadi sukses, axis didalam dunia pendidikan dan terus berkembang kearah yang lebih baik lagi.
Dan dengan diadakannya suatu evaluasi-evaluasi program yang telah lembaga Paud ini lakukan maka seorang pimpinan akan mengetahui bahwa lembaga ini sudah bisa dikatakan sukses atau tidak, yaitu dengan melihat hasil-hasil evaluasi yang telah dilakukan tersebut, dan hasil-hasil evaluasi tersebut membuktikan kalau Lembaga Paud ini bisa dibilang sukses dalam melakukan atau menjalankan suatu organisasi dengan baik akan tetapi kami selaku lembaga Paud Al Falah Darussalam ini tidak langsung puas atau terlena dengan semua hasil itu. Kami (Lembaga Paud) selalu berusaha untuk terus melakukan usaha yang lebih baik lagi demi kesuksesan lembaga ini. Agar lembaga ini akan selalu axis dalam dunia pendidikan di Indonesia ini maupun di luar negeri. Dan yang terpenting juga bagi lembaga ini kami semua pihak pimpinan lembaga ini sangat berharap, adanya  Lembaga pendidikan ini akan membawa kemaslahatan atau manfaat yang besar bagi lingkungan. Jadi tidak hanya bermanfaat bagi organisasi ini saja akan tetapi dapat bermanfaat untuk lingkungan dan semua masyarakat.
ü  Analisis mengenai evaluasi Proses.
Dari data wawancara yang saya lakukan dan saya mengamati mengenai evaluasi program yang dilakukan dalam organisasi ini yaitu cukup bagus, dimana organisasi ini menerapkan prinsip efektifitas memanajemen sekolah yang dimana adanya prinsip efektifitas, yakni ketercapaian sasaran sesuai tujuan yang diharapkan. Jadi dengan mengadakan evaluasi-evaluasi program, pimpinan lembaga akan mengetahui seberapa besar atau seberapa jauh organisasi itu dalam mencapai sasaran tujuan yang diharapkan. Jika sasaran sudah sesuai dengan tujuan maka lembaga ini akan terus mempertahankan kualitasnya agar tidak jatuh atau turun target, sedangkan jika sasaran masih belum sesuai tujuan maka lembaga ini akan menyusun strategis rencana untuk kedepannya agar lembaga ini dapat meningkatkan sasaran yang sesuai dengan tujuan organisasinya.
Dan sesuai dengan yang saya amati tersebut bahwa lembaga Paud Al Falah Darussalam ini sangat baik dan terstruktur dalam menangani berbagai perencanaan-perencanaan dan strategis dalam  mewujudkan ketercapaian sasaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.






BAB III
METODE PENULISAN


A.    Prosedur pengumpulan data
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyusunan Makalah ini adalah sebagai berikut :

1.      Mengumpulkan data-data dengan cara saya melakukan observasi secara langsung dan mengamati kondisi pembelajaran di PAUD Al-Falah Darussalam Selain itu Informasi dikumpulkan dengan: (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Penetapan sumber informasi dilakukan secara snowball. Data yang terkumpul dianalisis dengan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan.
2.      Perumusan Masalah, Setelah melakukan observasi atau pengamatan , didapatkanlah rumusan masalah.


B.     Pengolahan data
Laporan observasi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif eksplanatoris, yaitu suatu metode laporan yang tidak menguji hipotesis melainkan memaparkan dan mengolah data. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus karena laporan yang telah dilakukan ini menekankan pada pengungkapan fakta secara rinci terhadap subjek penelitian, yang sesuai dengan peristiwa yang terjadi di lapangan. Dan data-data yang telah diperoleh dari hasil pengamatan observasi juga menggunakan metode Tanya jawab, kemudian data diolah secara analitis, deskriptif.









Bab IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Manajemen pendidikan Nonformal sangat  berperan penting dalam suatu proses atau upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada dalam suatu organisasi. Dengan dilakukannya manajemen yang baik, itu akan membantu organisasi dalam meningkatkan kualitas yang dimilikinya untuk dapat mengembangkan organisasi itu menjadi terarah dan berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Dari data-data yang telah saya peroleh dalam observasi secara langsung, saya dapat sedikit menyimpulkan bahwa organisasi Paud Al Falah Darussalam ini sudah bisa dikatakan baik, dikarenakan dalam memanajemen atau membuat suatu perencanaan-perencanaan yang sifatnya untuk memajukan suatu organisasinya sangatlah terstruktur dan terencana  secara efisien, karena banyak sekali kelebihan-kelebihan yang ada pada organisasi ini. Contohnya saja seperti struktur organisasinya, yang dimana peran serta pemimpin sangatlah menentukan kemajuan dalam organisasinya dalam mencapai visi, misi dan tujuan organisasinya. Dan juga keterlibatan antara staff dan guru-guru yang baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya secara all out dan partisifasi dari para anggotanya bagus, mereka mempunyai rasa tanggung jawab penuh dalam mengemban tugas-tugas yang telah diberikannya. Sehingga pemimpin organisasi lembaga ini bisa menjalin hubungan baik dengan para anggota yang dimana dalam suatu organisasi itu komunikasi sangatlah perlu dan penting.
Dan didalam organisasi ini prinsip kerjasama yang baik akan membantu dalam mewujudkan tujuan-tujuan organisasi. Dimana dalam kepemimpinan yang efektif, yakni bagaimana seorang manajer dapat memberi pengaruh, ajakan pada orang lain untuk pencapaian tujuan bersama.  Oleh karena itu peran pemimpin sangatlah penting bagi kemajuan organisasinya dimana seorang pemimpin harus dapat mengembangkan potensi dalam mengatur anggotanya serta seorang pemimpin harus mempunyai sikap dan kepribadian profesional yang baik. Di dalam Teori Keprilakuan (Behavioral Approach), Pendekatan  perilaku  adalah  keberhasilan  dan  kegagalan  seorang pemimpin itu dilakukan oleh gaya bersikap dan bertindak pemimpin yang bersangkutan.  Gaya  bersikap  dan  bertindak  akan  tampak  dari  cara memberi  perintah,  memberi  tugas,  cara  berkomunikasi,  cara  membuat keputusan, cara  mendorong  semangat  kerja  bawahan,  cara  menegakkan disiplin, cara pengawasan dan lain-lain. Bila  dalam  melakukan  tindakan  dengan  cara  lugas,  keras,  sepihak yang  penting  tugas  selesai  dengan  baik,  dan  yang  bersalah  langsung dihukum, gaya kepemimpinan itu cenderung bergaya otoriter. Sebaliknya  jika  dalam  melakukan  kegiatan  tersebut  pemimpin dengan cara halus, simpatik, interaksi  timbal  balik, menghargai  pendapat dan  lain-lalin.  Maka  gaya  kepemimpinan  ini  bergaya  kepemimpinan demokratis. Dan dari kesimpulan ini, organisasi Paud ini kepemimpinannya ini bergaya kepemimpinan demokrasi, karena semua hal dilakukan secara musyawarah dan menjunjung tinggi demokrasi dan adanya kebijakan toleransi.

B.   Saran
Sejalan dengan perkembangan zaman, peranan dalam manajemen Pendidikan Luar Sekolah sangatlah penting sekali dalam suatu Organisasi atau Lembaga Pendidikan dan sudah saat nya pemimpin dalam suatu lembaga mengutamakan tentang bagaimana memanajemen pendidikan secara baik dan benar, caranya dengan meletakkan prioritas dalam mengatur atau memanaj suatu perencanaa dalam lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan tersebut dapat berjalan dan terarah dengan baik. karena manajemen pendidikan yang berhasil akan bermuara pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan tidak hanya itu seorang pemimpin atau manajer seharusnya lebih memperhatikan rangkaian perencanaan dan selalu melakukan evaluasi atau memonitoring semua rencana yang ada di lembaga pendidikan tersebut agar lembaga pendidikan tersebut dapat terus berkembang menjadi lebih baik dan yang tidak kalah pentingnya yaitu sikap atau kepribadian dari seorang pemimpin itu sangat berpengaruh besar dalam suksesnya suatu organisasi.
Selain itu juga, sejauh mana pengawasan yang dilakukan oleh seorang manajer atau kepala sekolah terhadap pemberian  kebijakan dan perencanaan mutu dalam melakukan proses perencanaan yang telah dibuat dengan baik dan seharusnya pula seorang manajer lebih memperhatikan kualitas proses dalam pelaksanaaan pendidikan agar rangkaian perencanaan dapat berjalan sesuai dengan planning awal. Dan  ikut berpartisipasi penuh dalam memimpin suatu lembaga pendidikan.
Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan tugas Laporan Observasi ini. Kami menyadari bahwa laporan observasi yang kami susun jauh dari sempurna Untuk itu saya minta kritik dan saran demi kesempurnaan Makalah ini .

C.    Lampiran.
Profil dan kegiatan yang ada di Paud Al Falah Darussalam.
      
kegiatan Spiritual di Lingkungan Paud Al Falah Darussalam
          

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Let's share thE inSpiration - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -